get app
inews
Aa Read Next : Relawan Jokowi Dukung Petahana Arif Sugiyanto Maju Lagi dalam Pilkada Kebumen

Warga Miskin Ekstrem di Kebumen Peroleh Bantuan Kambing

Kamis, 11 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Bupati memberikan bantuan sosial berupa paket sembako. Selain itu, keluarga Rasmin juga diberikan beberapa ekor kambing untuk dipelihara. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih melakukan kunjungan ke rumah seorang warga yang masuk kategori miskin ekstrem yakni Rasmin (40), yang tinggal di RT 1 RW 1 Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati memberikan bantuan sosial berupa paket sembako. Selain itu, keluarga Rasmin juga diberikan beberapa ekor kambing untuk dipelihara.

Bupati menyatakan bahwa Rasmin termasuk dalam kategori miskin ekstrem di antara banyak warga Kebumen. Hal ini terlihat dari kondisi rumahnya yang masih terbuat dari triplek kayu, berdindingkan tanah, beratapkan seng, dan status tanahnya masih menumpang.

"Pak Rasmin ini adalah salah satu warga kita yang pantas mendapat bantuan dan perhatian dari pemerintah karena dia termasuk dalam kategori miskin ekstrem, jika dilihat dari kriterianya," ujar Bupati pada Rabu, 10 Januari 2024.

Bupati menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengatasi kemiskinan secara terukur dan terarah. Program dan kebijakan yang diimplementasikan harus bersifat konkret dan memberikan manfaat yang dirasakan secara berkelanjutan.

"Contohnya tadi kita memberikan bantuan kambing untuk ternak sehingga ada penghasilan tambahan. Juga, jika perlu, kita tawarkan untuk mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Anak-anaknya yang masih kecil bisa diajak untuk mondok dengan biaya gratis dari pemerintah. Jadi, bukan hanya sembako," jelasnya.

Warga miskin ekstrem yang belum mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga akan ditanggung oleh pemerintah. Rasmin sendiri termasuk dalam kategori warga miskin yang belum mendapat perlindungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut