get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Mau Imunisasi Polio untuk Anak-anak? Ini Informasinya di Banyumas

Sabtu, 13 Januari 2024 | 07:08 WIB
header img
Sebanyak 197.527 anak usia di bawah 8 tahun di Banyumas bakal menerima imunisasi Sub Pin Polio. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Sebanyak 197.527 anak usia di bawah 8 tahun di Banyumas bakal menerima imunisasi Sub Pin Polio

Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas mengambil langkah ini sebagai respons terhadap kasus polio yang terjadi di Klaten, dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr. Widyana Grehastuti, menyatakan bahwa kegiatan imunisasi akan dilakukan secara serentak dalam dua putaran pada tanggal 15 Januari dan 19 Februari mendatang. 

Tindakan ini diambil menyusul kasus polio yang terjadi di Kabupaten Klaten dan untuk menanggapi kasus lumpuh layu akut di Jawa Tengah secara nasional.

Anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi pada tanggal tersebut akan disweepting dalam lima hari setelah pelaksanaan. Diharapkan bahwa Sub Pin Polio ini dapat meningkatkan imunitas anak-anak, mengingat adanya mutasi virus meskipun imunisasi Polio telah diberikan sebelumnya.

Widyana menambahkan bahwa meskipun Kabupaten Banyumas belum melaporkan kasus polio, imunisasi Sub Pin Polio diambil sebagai tindakan pencegahan. Imunisasi nantinya menggunakan vaksin oral polio tipe 2 (dua) pada anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut