get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

SPMB 2024, Unsoed Buka 7 Prodi Baru, Ini Daftarnya

Minggu, 14 Januari 2024 | 09:26 WIB
header img
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menambah tujuh prodi S1 baru dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2024. Foto: Elde Joyosemito

Sementara itu, jalur SNBT diikuti oleh peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja. Kuota Unsoed pada jalur SNBT adalah 40%. Peserta UTBK dikenai biaya pendaftaran Rp. 200.000,- kecuali peserta yang telah tercatat sebagai peserta dari jalur KIP Kuliah. 

Terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun. 

Selain itu, juga terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan program studi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan). 

Sementara untuk yang memilih satu atau dua program studi, peserta boleh atau bebas memilih di program mana pun, baik sarjana maupun vokasi. Bagi peserta yang memilih tiga program studi, maka yang bersangkutan 2 program akademik dan 1 program vokasi atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.

Selain jalur SNBP dan SNBT, Unsoed juga akan membuka seleksi jalur Mandiri. Jalur ini akan dilaksanakan setelah proses seleksi SNBP dan SBPT selesai. Kuota jalur mandiri Unsoed adalah 30 %. Seperti tahun sebelumnya seleksi jalur mandiri Unsoed menggunakna nilai UTBK 2024 sebagai salah satu komponen seleksi. 

Informasi resmi tentang SNPMB 2024 dapat dilihat pada laman http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id., sementara untuk SPMB Unsoed dapat dilihat di laman spmb.unsoed.ac.id.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut