get app
inews
Aa Read Next : Dear Traveler, Ini 5 Tips Tetap Nyaman Berwisata di Luar Ruangan saat Cuaca Panas

Sobat Pendaki! Ini Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Tersesat saat Turun Kabut

Sabtu, 05 Februari 2022 | 18:05 WIB
header img
Ilustrasi Naik Gunung (foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Mungkin sobat pendaki pernah mendengar kabar tentang pendaki yang tersesat bahkan kehilangan nyawa karena kondisi cuaca di gunung yang tidak bersahabat. Nah! sebenarnya musibah semacam itu bisa diantisipasi.

Pilihan terbaik untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan adalah tidak mendaki sama sekali. Tapi, jika Anda dan teman-teman sudah memastikan diri untuk pergi ke gunung, lakukan persiapan fisik dan lengkapi keperluan mendaki sebelum pergi.

Kemudian jangan lupa melapor ke pengawas gunung agar mendapat informasi dan saran terbaik terkait kondisi alam dan medan yang akan didaki. Dan selama perjalanan, pastikan beberapa hal berikut dipahami oleh Anda dan teman mendaki lainnya, seperti disarankan oleh @WanitaGunung.

Kenali medan pendakian

Dari poin ini kita bisa memprediksikan manajemen waktu pendakian. Cari sebanyak mungkin informasi jalur dan rute, serta cuaca gunung yang hendak didaki, bisa dari internet atau teman yang sudah pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya.

Tetap tenang

Jangan panik! Kepanikan akan membuat kita sulit berpikir dengan jernih dan mudah putus asa. Pada saat panik hal-hal yang sebenarnya sederhana dan mudah bisa menjadi terlihat susah. Dalam kondisi tersesat ada baiknya kita duduk sejenak bersama tim untuk mendiskusikan langkah selanjutnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut