get app
inews
Aa Read Next : Ada Apa dengan PSI yang Suaranya Tiba-tiba Melambung di Sirekap, Dua Jam Bertambah 19 Ribu

KPU Purbalingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Selasa, 30 Januari 2024 | 13:25 WIB
header img
KPU Purbalingga menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024. (Foto; iNewsPurwokerto)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-KPU Purbalingga menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024 yang digelar di halaman Sekretariat KPU Kabupaten Purbalingga, Selasa (30/1/2024).

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Purbalingga Catur Sigit Prasetyo mengatakan simulasi sebagai media sosialisasi kepada pemilih mengenai cara memilih atau mencoblos yang benar.

"Simulasi merupakan kesiapan kami sebagai penyelenggara, dari KPU, PPK, PPS, sampai KPPS itu untuk lebih memahami terkait dengan norma-norma yang sudah ditentukan, terutama di KPPS," katanya.

Dia mengakui, dalam simulasi pemungutan suara ada serangkaian proses yang cukup memakan waktu terutama pada saat penulisan identitas TPS dan tanda tangan ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). 

“Nantinya, ada beberapa KPPS menggunakan alat bantu identitas TPS-nya. Untuk identitas TPS-nya nanti ada alat bantu, itu mungkin nanti akan lebih cepat,”jelasnya.

Pada bagian lain, KPU juga melakukan mitigasi terhadap tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di daerah rawan bencana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat Pemilu 2024.

"Kami telah melakukan upaya mitigasi di setiap wilayah. Selain itu, kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Purbalingga terkait TPS-TPS yang berpotensi mengalami bencana," ujarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut