Logo Network
Network

Ada Sapi Kurban Anies Baswedan di Desa Kracak, Banyumas, Kok Bisa?

Aryo Rizqi
.
Kamis, 22 Juli 2021 | 08:08 WIB
Ada Sapi Kurban Anies Baswedan di Desa Kracak, Banyumas, Kok Bisa?
Warga Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang gunakan daun jati sebagai pembungkus daging kurban. (Foto: istimewa)

BANYUMAS, iNews.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirimkan sapi kurban untuk masyarakat Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Banyumas. Kok bisa?

Salah seorang panitia Idul Adha Masjid As Salam Desa Kracak, Kusworo, mengaku bersyukur karena selain empat ekor sapi, 12 kambing juga ada tambahan kiriman hewan kurban sapi dari Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan pada Idul Adha 1441 H ini.

Anies Baswedan punya kaitan sejarah di masa mahasiswa karena pernah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kracak pada dekade tahun 1990-an.

"Alhamdulillah beliau rutin mengirimkan sapi kurban kepada kami. Kami berterimakasih karena kekeluargaan dengan beliau tetap terjalin hingga kini," jelasnya pada Rabu (21/7/2021).

Yang unik, untuk mengurangi sampah plastik di saat ibadah kurban, panitia pengelolaan hewan kurban Masjid As Salam, Desa Kracak sengaja membagikan daging kurban dengan bungkus daun jati.

Panitia pengelolaan hewan kurban Masjid As Salam Desa Kracak, Wanto Tirta mengatakan meski agak repot, namun upaya ini menjadi bagian upaya penyelenggaraan ibadah kurban yang ramah lingkungan. Apalagi saat ini volume produksi sampah plastik di lingkungan masyarakat semakin tinggi.

"Bayangkan satu lokasi saja ada ratusan plastik pembungkus, maka kalikan saja dengan ratusan atau ribuan lokasi. Kami berharap upaya kecil ini bisa mengurangi volume sampah plastik ini,"katanya.

Selain tak menggunakan plastik pembungkus, panitia juga mengutamakan prosedur protokol kesehatan di saat pandemi. Panitia menggunakan kaos lengan panjang, masker, tempat cuci tangan dan jaga jarak. Untuk panitia juga tak sebanyak di tahun sebelumnya.

"Totalnya menyembelih 5 ekor sapi. Dari 5 ekor sapi menghasilkam total daging 562 kg dan 12 ekor kambing menghasilkan total daging 93,5kg. Total keseluruhan daging sapi dan kambing sejumlah 656 kg,”imbuhnya.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini