get app
inews
Aa Read Next : Merdeka Belajar Bangun Generasi Unggul Pendidikan Berkualitas

Menteri Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia dan Implementasi Praktisi Mengajar

Selasa, 06 Februari 2024 | 19:45 WIB
header img
Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia dan Implementasi Praktisi Mengajar. Foto: Kemendikbudristek

BANDUNG, iNewsPurwokerto.idSekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) angkatan satu tahun 2024 diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Selasa (6/2/2024) di Aula PWI Jawa Barat, Kota Bandung. Dalam kesempatan tersebut Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi komitmen PWI dalam meningkatkan kualitas jurnalisme Indonesia melalui penguatan kompetensi wartawan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta luring dan lebih dari 100 peserta daring dari 38 provinsi yang merupakan wartawan muda PWI. SJI merupakan program yang diinisiasi oleh PWI untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan wartawan sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem mengapresiasi terselenggaranya kembali program SJI. Menurutnya, SJI merupakan sebuah program yang sangat relevan guna memperkuat kualitas jurnalisme di Indonesia.

“Di era modern seperti saat ini, teknologi telah merubah segala aspek dalam sektor jurnalisme dan harus berkompetisi dengan teknologi artificial intelligence (AI). Program SJI sangat diperlukan untuk menguatkan integritas dan pemikiran kritis di kalangan wartawan, serta mengembangkan kemampuan menulis yang baik guna memperkuat kualitas jurnalisme Indonesia,” kata Nadiem dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Nadiem menekankan jika program SJI sejalan dengan visi gerakan Merdeka Belajar. “Di era seperti ini, informasi sudah sangat berlimpah. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan berpikir kritis dan tingkat literasi yang tinggi untuk bisa menganalisis dan menginterpretasi informasi dengan matang, lalu menyajikan berita yang sesuai dengan informasi yang ada. Itulah kekuatan jurnalisme yang sejalan dengan dengan visi peningkatan kemampuan literasi dalam gerakan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbudristek menggarisbawahi pentingnya menguatkan integritas para wartawan muda. Hal tersebut berkenaan dengan peran dan tanggung jawab wartawan sebagai pendidik bagi masyarakat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut