get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Kapan Audisi Gita Bahana Nusantara 2024 Dimulai, Catat Tanggalnya

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:29 WIB
header img
Kapan Audisi Gita Bahana Nusantara 2024 Dimulai, Catat Tanggalnya. Foto: Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id – Kapan audisi Gita Bahana Nusantara 2024, catat tanggalnya agar putra-putri Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan seni musik dapat menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2024. Apalagi GBN bukan sekadar kegiatan rutin, tetapi sebuah proses kreatif dan kontemplatif yang tidak pernah berhenti untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

"Melalui seni dan budaya, GBN diharapkan mampu menciptakan sebuah kondisi yang lebih baik bagi generasi muda, dalam wadah negara dan bangsa yang bersatu melalui kekayaan seni budaya,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti, dalam keterangannya, Selasa (27/2/2024).

Menurut Irini, GBN dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda, memberikan pemahaman tentang keragaman seni budaya Indonesia, serta memberikan motivasi kepada putra-putri terbaik untuk menjadi agen perubahan dan pengembangan kebudayaan di wilayah mereka.

"GBN adalah representasi Indonesia mini, artikulasi musikal dalam sebuah ekspresi kultural," tutur Irini.

Sejak tahun 2003, Gita Bahana Nusantara telah menjadi tempat bagi generasi muda dari Sabang sampai Merauke untuk mengekspresikan seni dan budaya. Melalui pembentukan tim paduan suara dan orkestra, mereka tampil dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, GBN akan hadir di Ibu Kota Nusantara untuk mendukung upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Keputusan ini didasarkan pada SK Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2024 mengenai Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut