get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

17 Makanan Khas Banyumas, Ada yang Bisa Dipesan Online!

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:30 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Banyumas. Foto : Elde Joyosemito.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Purwokerto selain dijuluki kota Satria juga memiliki julukan sebagai Kota Mendoan. Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan kuliner tempe mendoan yang lezat.

Makanan khas Banyumas ini kerap menjadi incaran pelancong saat bertandang ke Purwokerto. Terlebih, sayang sekali jika datang ke kota ini tanpa mencoba makanan khas Banyumas yang beraneka ragam.

Nah, buat yang rindu berat atau penasaran dengan makanan khas Banyumas dan Purwokerto, ada sejumlah pilihan makanan khas Banyumas yang dapat kalian pesan melalui aplikasi online. Berikut 17 makanan khas Banyumas yang dirangkum iNewsPurwokerto.id dari berbagai sumber, Selasa (27/2/2024).

Makanan Khas Banyumas

1. Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng Sokaraja, salah satu beragam makanan khas Banyumas. Getuk goreng terbuat dari bahan dasar singkong dan tambahan gula jawa. Masyarakat Banyumas biasa menyebutnya dengan nama "Boled". Makanan dengan rasa yang manis dan gurih ini, tersedia di aplikasi online 

2. Nopia


Pembuatan Nopia, salah satu makanan khas Banyumas yang masih dikerjakan dengan cara tradisional. Foto: Elde Joyosemito

 

Nopia adalah makanan khas Banyumas yang berbentuk kue kering dan terbuat dari adonan tepung terigu berisikan gula jawa. Kue kering ini memiliki tekstur kulit yang renyah pada bagian luarnya.

Nopia di Banyumas dibuat dengan cara tradisional menggunakan tungku tanah liat. Cara memasaknya pun sangat unik, nopia dimasak dengan cara ditempelkan pada sisi dinding tungku tradisional, sehingga tungku tersebut berfungsi layaknya pemanggang oven. Makanan khas Banyumas ini juga tersedia di aplikasi belanja online.

3. Klanting

Klanting adalah salah satu camilan tradisional yang memiliki rasa gurih, makanan khas dengan bentuk mirip dengan anting ini terbuat dari bahan singkong yang diparut dan diperas airnya. Setelah itu bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu dan digoreng hingga rasanya enak dan gurih. Makanan khas Banyumas ini juga dapat kalian kamu beli di aplikasi belanja online.

4. Jenang Jaket


Jenang Jaket. Foto: Mygriyahotel.com

 

Jenang jaket, adalah makanan khas Banyumas yang kerap diburu saat hari raya lebaran tiba, banyak masyarakat yang membeli makanan khas ini sebagai oleh-oleh. Namun, makanan khas Banyumas yang kenyal dan manis gula jawa ini juga kerap diburu saat ada acara pernikahan.

5. Kripik Tempe


Kripik Tempe.Foto: Ist

 

Keripik Tempe, salah satu makanan khas Banyumas yang tak pernah ketinggalan diburu sebagai oleh-oleh. Kripik tempe yang lezat ini dibuat dengan cara diiris dengan sangat tipis, setelah itu diberi adonan tepung dengan bumbu khusus, lalu digoreng garing. Saking tipisannya, kerenyahan kripik tempe tak ada bandingannya.

6. Dage


Dage makanan khas Purwokerto. dok Cookpad

 

Dage adalah makanan khas Banyumas dengan varian tempe yang memiliki campuran bahan ampas kelapa digumpalkan dan dijamurkan. Dage ini biasanya diolah lagi menjadi oseng dengan campuran cabai merah dan hijau serta kecambah. Namun adapula dage yang sudah diolah menjadi keripik serupa keripik tempe dan memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

7. Tempe Mendoan


Tempe mendoan sambal kecap. Foto: Instagram/@intankarinaijo

 

Tempe mendoan merupakan makanan khas Banyumas yang menjadi primadona. Makanan ini paling enak dijadikan camilan sore ketika hujan turun dengan berteman kopi panas. Mendoan juga bisa dijadikan sebagai lauk makan dengan ditambahkan kecap cabai hijau.

Saat ini juga terdapat tempe mendoan siap olah yang dijual dengan paket khusus berisikan sejumlah bungkus tempe mentah lengkap dengan tepung berbumbu dan sambal kecap untuk cocolan. Dalam paket khusus tersebut juga sudah disertakan cara mengolah makanan khas Banyumas ini menjadi mendoan goreng yang enak.

8. Kraca


Olahan keong sawah atau 'kraca' menu incaran warga Banyumas. Foto: Agustinus Yoga Primantoro

 

Kraca adalah makanan khas Banyumas dan unik, biasanya makanan khas Banyumas ini dapat kalian temukan saat bulan puasa, kalian dapat menemukan makanan khas ini disepanjang jalanan Kota Purwokerto. Kraca merupakan keong sawah yang diolah dengan bumbu-bumbu racikan khusus, sehingga menghasilkan kuah yang sangat gurih, karena daging keong yang kenyal tersebut direndam dalam bumbu racikan khusus. Salah satu makanan khas Banyumas ini wajib kalian coba, dijamin kalian pasti akan ketagihan.

9. Soto Sokaraja


Resep Soto Sokaraja Foto: @mariaulfah1357

 

Soto Sokaraja menjadi makanan khas Banyumas yang wajib dicoba saat di Purwokerto. Soto Sokaraja ini diracik dengan suwiran daging ayam atau daging sapi dengan kaldunya yang bening berpadu taoge dan suun.

Soto ini biasanya disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan. Makanan khas Banyumas ini sangat enak dimakan hangat dengan tambahan lontong atau ketupat. Makanan khas Banyumas ini biasa dinikmati dengan tambahan kecap manis.

10. Tegean

Makanan khas Banyumas yang satu ini merupakan kuliner rumah makan tradisional di Purwokerto. Tegean merupakan makanan sop sayur kuah bening dengan bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, dan jagung. Biasanya makanan ini disajikan bersama nasi yang disiram sop sayuran ini, sangat lezat dimakan ketika hangat.

11. Buntil

Makanan khas Banyumas yang satu ini dibuat dari daun singkong, daun talas, atau daun pepaya yang digulung dan diikat berbentuk bulat. Didalamnya terdapat kelapa muda yang diparut dan diberi ikan teri serta kuah santan bumbu gurih pedas. Dikukus hingga lembut, rasanya pedas gurih bikin nagih. Makanan ini banyak ditemui di tempat makan tradisional yang ada di Purwokerto.

12. Kluban

Makanan khas Banyumas berikutnya adalah Kluban. Jika dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan urap sayuran, yang berisi berbagai jenis sayuran dipilih sesuai selera. Didalam kluban sendiri terdapat berbagai sayuran diantaranya daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, taoge, kacang panjang dan lainnya. Diaduk dengan kelapa parut setengah tua yang diberi bumbu cabai, disajikan segar dan gurih.

13. Templek

Templek merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas. Gorengan templek memiliki cita rasa yang gurih dan asin, cocok dipadukan dengan nasi hangat.

14. Lupis

Selanjutnya adalah lupis. Masyarakat sering kali memburu makanan khas Banyumas bercita rasa manis ini di pasar tradisional Purwokerto. Lupis disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula cair.

15. Cenil

Cenil yaitu makanan tradisional yang sangat terkenal diberbagai kalangan. Penyajiannya sama seperti penyajian pada makanan lupis yaitu dengan gula jawa cair dan parutan kelapa. Yang membuatnya unik, cenil biasanya dibuat dengan warna yang berbeda-beda.

16. Combro


combro Foto: Ist

 

Combro merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan isian oncom atau tempe yang sudah dihaluskan. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Banyak sekali penjaja combro di Purwokerto. Bahkan saat ini tersedia keripik combro agar bisa disimpan lebih lama.

17. Wajik

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Wajik terbuat dari ketan yang diolah menggunakan gula merah. Namun saat ini sudah bnayak inovasi dari makanan khas ini menjadi berbagai macam variasi.

Itulah beberapa makanan khas Banyumas yang diantaranya dapat dipesan secara daring. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut