get app
inews
Aa Read Next : Dear Traveler, Ini 5 Tips Tetap Nyaman Berwisata di Luar Ruangan saat Cuaca Panas

8 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Sabtu, 16 Maret 2024 | 15:59 WIB
header img
Kepala Klinik Pratama Rawat Jalan Soedirman, Dokter Madya Wicaksono, M.Si. Foto: Dok Unsoed Purwokerto

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut


Jangan Abaikan Sikat Gigi Malam Hari Sebelum Tidur, Kalau Tidak Mau Seperti Ini ( Foto : Istimewa)

 

Seringkali, masalah kesehatan rongga mulut diabaikan saat berpuasa. Dampaknya bisa berupa bau mulut yang tidak sedap dan sakit gigi. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut, penting untuk menggosok gigi secara teratur setelah berbuka, setelah sahur, dan sebelum tidur. Jika ada keluhan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi agar masalah tersebut dapat diatasi.

6. Mempertahankan pola hidup bersih dan sehat


Ilustrasi (Foto : Medicaldialy)

 

Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran penting untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak ketika sedang sakit pada saluran pernapasan. Kebiasaan baik ini juga sangat penting untuk diterapkan selama bulan puasa. Pastikan untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum berbuka puasa dan makan sahur. Dengan menjaga kebersihan diri, kita dapat mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

7. Menyesuaikan waktu konsumsi obat apabila diperlukan

Jika sedang menjalani pengobatan, penting untuk tetap minum obat sesuai resep. Obat-obatan seperti obat tuberkulosis, antibiotik, dan obat rutin lainnya harus terus dikonsumsi agar terapi berjalan dengan baik. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda jika sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, agar jadwal minum obat dapat disesuaikan dengan waktu berpuasa. Penggunaan suplemen seperti vitamin umumnya aman selama berpuasa, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

8. Mengunjungi fasilitas layanan kesehatan apabila mengalami masalah kesehatan

Jika Anda mengalami masalah kesehatan selama berpuasa, segera kunjungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan konsultasi dan pengobatan yang diperlukan. Sebab, masalah kesehatan dapat timbul kapanpun.

Itulah tips menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut