get app
inews
Aa Read Next : Diduga Hendak Balap Liar, 2 Pemuda dan 5 Motor di Purbalingga Diamankan Polisi

Desa Kartun Punya Program Baru Live in The Village, Kegiatannya Seru

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:20 WIB
header img
Cartoon Village Sidareja meluncurkan program terbaru yaitu paket petualangan hidup di desa. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewPurwokerto.id-Saat ini para generasi muda Indonesia sangat mudah terpapar dengan budaya bangsa lain. Bahkan, di beberapa segi memiliki pengaruh yang kuat dalam gaya hidup mereka di masa kini. 

Ini tentu saja perlu diperhatikan oleh orang tua, apakah paparan budaya asing tersebut memberikan banyak nilai positif dalam perkembangan karakternya ataukah sebaliknya. 

Kondisi itu direspons dengan diresmikannya petualangan hidup di desa kartun Sidareja (live in the village) berbalut seni dan budaya menguatkan jati diri bangsa. 

Founder Kie Art Projects Slamet Santosa mengatakan bahwa latar belakang diresmikannya program tersebut adalah generasi muda kini rentan untuk kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa Indonesia, hilangnya rasa nasionalisme, kehilangan jati dirinya karena terlalu berlebihan dalam mengadopsi budaya luar.

Gita Yohanna Thomdean selaku pegiat Kie Seni menyatakan keprihatinnya bahwa Indonesia yang terkenal dengan ragam budayanya akan dapat mengalami krisis dalam keberagaman budayanya karena pengaruh budaya asing yang datang secara berlebihan. 

Oleh karenanya dengan mempertimbangkan beberapa fenomena yang terjadi khususnya pada generasi muda, maka di tahun ke 3 perjalanan dari Pemuda Kie Seni di Cartoon Village Sidareja Purbalingga

"Kami siap meluncurkan program terbaru yaitu paket petualangan hidup di desa  (#liveinthevillage) berbalut Seni dan Budaya. Menjadikan Desa Kartun Sidareja/Cartoon Village Sidareja sebagai wahana untuk para sekolah atau orang tua yang ingin memperkenalkan anak- anaknya akan kehidupan di pedesaan dan belajar akan nilai nilai luhur warisan nenek moyang dalam balutan seni budaya di desa ini,"jelasnya.

Di hadapan kurang lebih 90 pemuda Kie Seni dan Pemuda Pramuka yang hadir dalam acara peresmian program Live in the village, Gita Yohanna menjelaskan nilai nilai luhur nenek moyang nusantara yang perlu kita bangkitkan kembali diantaranya seperti gemati (saling menyayangi), teposeliro (toleransi), hormat menghormati, musyawarah mufakat. 

Dengan hidup membaur bersama dengan masyarakat dalam program live in the village , generasi muda akan belajar akan keauthentikan nilai hidup masyarakat di Cartoon Village Sidareja Purbalingga sekaligus menjadi sarana refleksi hidup mereka untuk mensyukuri segala yang telah dimiliki, tidak membeda bedakan sesama, menghormati  menjunjung tinggi sopan santun, yang semua ini merupakan hal yang sangat dasar untuk membentuk karakter manusia Nusantara.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut