get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Tingkatkan Kemampuan Menyeduh Kopi, Puluhan Barista di Banyumas Uji Kompetensi

Sabtu, 12 Februari 2022 | 21:06 WIB
header img
Didalam dunia usaha kedai kopi, barista merupakan ujung tombak dan sosok penting yang dituntut memiliki kecakapan dalam meracik rasa seduhan kopi. (Foto : Aryo Rizqi)

PURWOKERTO, iNews.id - Di dalam dunia usaha kedai kopi, barista merupakan ujung tombak dan sosok penting yang memiliki keterampilan dalam meracik rasa kopi agar memenuhi harapan para pelanggan. Saat dunia kopi tumbuh, dibutuhkan barista pun semakin tinggi.

Bukan hanya harus terlihat keren dan modern, tapi juga harus memiliki kompetensi logistik yang mencukupi.

Seperti di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, setidaknya ada sekitar 200 lebih kedai - kedai kopi yang rata-rata merupakan usaha kecil kreatif yang dikelola oleh kaum muda. Maka dari itu perlunya dilakukan uji kompetensi barista, dibalik upaya mengangkat kopi di Banyumas sendiri.

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas bersama kedai Kopi Lolana di Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok mengadakan kegiatan pelatihan dan bimbingan kepada barista agar dapat memiliki sertifikasi kompetensi. 

"Tujuan acara ini untuk mengenalkan kopi dan meningkatkan pengetahuan tentang kopi di Kabupaten Banyumas dari hulu sampai hilir dimana lebih fokus di barista, di penyeduhnya, berarti di kedai nya," kata Heri Purwanto, Narasumber dalam kegiatan tersebut, Sabtu (12/2/2022 ).

Dia mengatakan, untuk mengangkat kopi di Banyumas Strategi dan upaya yang diperlukan harus dilakukan dari bawah, di mana saat ini banyak bermunculan desa wisata di kabupaten Banyumas. Dari desa desa tersebut, untuk dapat mendirikan satu kedai yang nantinya dapat membantu mengangkat kopi itu sendiri.

Maka dari itu diperlukan barista-barista handal yang memiliki sertifikasi kompetensi untuk dapat mengangkat kopi dari desa tersebut. 

"Dari situ tolak ukurnya adalah mengangkat kopi Banyumas dari desa, syukur bisa serempak, berati gaungnya kopi akan lebih luar biasa," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut