get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Resmikan PLTS, Kilang Cilacap Terus Dorong Zero Emisi

Jum'at, 22 Maret 2024 | 08:08 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap menggelar peresmian PLTS berkapasitas 0,99 Megawatt peak (MWp). (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap menggelar peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 0,99 Megawatt peak (MWp) pada hari Kamis (21/3/2024). 

Pembangunan PLTS ini merupakan hasil kerjasama antara KPI dan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE).

Kegiatan peresmian dihadiri oleh Direktur Operasi KPI, Didik Bahagia, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Fadli Rahman, serta GM Refinery Unit IV Cilacap, Edy Januari Utama. 

PLTS dengan total kapasitas terpasang 0,99 MWp ini dibangun di dua lokasi terpisah, yaitu 495 KWp di Komperta Gunung Simping dan 504 KWp di Komperta Tegalkamulyan. 

PLTS tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dua komplek perumahan Pertamina di Kilang Cilacap.

"Dengan bangga, kami menjadi bagian dari upaya dekarbonisasi di Kilang Pertamina Internasional. Pemanfaatan PLTS di Kilang Cilacap adalah hasil kolaborasi antara Pertamina NRE dan Kilang Pertamina Internasional. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program transisi energi ini. Kami yakin bahwa sinergi yang kuat akan mempercepat pencapaian aspirasi net zero emission Pertamina," ujar Fadli Rahman, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, dalam sambutannya.

Fadli melanjutkan bahwa inisiatif dekarbonisasi Pertamina adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk menerapkan aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Keseriusan ini tercermin dalam peningkatan skor ESG Pertamina dari tahun ke tahun.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut