get app
inews
Aa Read Next : UMP Uji Keterampilan Baca Alquran Bagi 3.700 Mahasiswa Baru, Salah Satu Syarat Wisuda

Tips Khatam Alquran Bulan Ramadhan

Jum'at, 22 Maret 2024 | 18:21 WIB
header img
Salah Satu Syarat Wisuda, UMP Uji 3.700 Mahasiswa Baru Baca Al Quran. Foto: Dok UMP

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tips khatam Alquran bulan Ramadhan untuk menjadi penuntun muslim. Terlebih Khatam Alquran merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat diharapkan oleh umat Muslim selama bulan puasa.

Terdapat beberapa tips khatam Alquran di bulan Ramadhan. Apalagi di tengah rutinitas sehari-hari yang kadang terdapat banyak rintangan. Berikut tips agar sukses khatam Alquran selama Ramadhan, seperti dikutip dari laman Kemenag.

Khatam Alquran Bulan Ramadhan

1. Gunakan jumlah Juz dalam Mushaf Alquran.

Cara menggunakan Mushaf Alquran yang dicetak per-juz, biasa disebut mushaf khataman, adalah dengan membaca 1 juz setiap hari. Setiap juz berisikan 11 lembar atau 22 halaman, sehingga jika menggunakan sistem target, dalam sebulan akan berhasil khatam. Mushaf Alquran terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi, sehingga penting untuk tetap konsisten dalam membaca 1 juz setiap hari.

2.Gunakan jumlah lembar dalam tiap Juz Alquran

Jika Anda merasa sulit untuk menyelesaikan 1 juz dalam satu waktu (misalnya setelah tarawih/atau setelah Subuh), Anda dapat mempertimbangkan tips berikut ini, yaitu dengan membagi jumlah halaman dalam 1 juz dan membacanya setelah menyelesaikan shalat wajib.

Al-Quran yang biasanya beredar di Indonesia, umumnya terdiri dari 1 juz yang terdiri dari 9-10 lembar (ada juga yang lebih). Sebagai contoh, jika dalam juz pertama terdapat 10 lembar, kemudian dibagi dengan 5 (waktu shalat), maka setiap kali selesai shalat, hanya akan membaca 2 lembar saja.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut