get app
inews
Aa Read Next : Dalang Cilik Risang Narendra Wakili Banyumas Ikut Festival Dalang Anak Tingkat Nasional di Jakarta

Wayang Dianggap Haram, Ustaz Khalid Basalamah Tuai Kontroversi, Ini Isi Ceramahnya

Senin, 14 Februari 2022 | 14:41 WIB
header img
Ustadz Khalid Basalamah (Tangkapan Layar)

PURWOKERTO, iNews.id - Isi ceramah Ustaz Khalid Basalamah menuai kontroversi setelah memaparkan hukum memainkan salah satu peninggalan budaya Indonesia berupa wayang menurut hukum Islam. Ia menyebut jika wayang dilarang dimainkan.

Pernyataan Ustaz Khalid Basalamah wayang dilarang dalam ajaran Islam dan lebih baik dimusnahkan tentang sebuah pertanyaan salah seorang jamaahnya terkait hukum bermain wayang dalam ajaran Islam.

“Saya orang Jawa dan saya suka pewayangan. Apakah wayang dilarang? Bagaimana tobat profesi dalang?” tanya jamaah kepada Ustaz Khalid Basalamah seperti dkutip dari kanal Youtube Yarif.TV, Senin (14/2/2022).

Ustaz Khalid Basalamah pun memberikan jawaban dalam kanal YouTube yang telah ditonton sejitar 45 ribu tayangan dengan 2,5 ribu komentar itu. Ia mengatakan jika tanpa mengurangi rasa hormat terhadap seni tradisi dan budaya, karena di Indonesia terdapat banyak macam suku.

“Kita harus tahu dan sadar, kalau kita muslim dan muslim ini dipandu oleh agama. saya bilang, caranya harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Jangan budaya di-Islamkan, susah. Meng-islamkan budaya ini repot, karena budaya banyak sekali,” jawab Khalid.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut