get app
inews
Aa Read Next : Terkait Tuntutan Soal UKT, Ini Kebijakan Unsoed Terbaru

Mengapa Muslim Aboge Lebaran Jumat Wage? Berikut Analisis Perhitungannya 

Senin, 08 April 2024 | 08:01 WIB
header img
Dr Ahmad Muttaqin peneliti Komunitas Aboge di UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Mengapa Lebaran Muslim Aboge jatuh pada Jumat (12/4/2024)? Menurut Dr Ahmad Muttaqin, seorang peneliti Komunitas Aboge di UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto, Muslim Aboge telah mengembangkan rumus untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri yang disebut sebagai Waljiro.

"Waljiro merupakan singkatan dari Sawal Siji Loro, yang berarti tanggal 1 Sawal jatuh pada hari pertama dan pasaran kedua. Penetapan hari dan pasaran pertama sangat bergantung pada identitas tahunnya," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa bagi masyarakat Muslim Aboge, identitas tahun terdiri dari delapan siklus yang berlangsung selama 120 tahun, yaitu Alif, Ha, Jim Awal, Za, Dal, Ba, Wau, dan Jim Akhir.

Setiap tahun, kelompok Muslim Aboge memiliki pola ajek baik dalam menetapkan hari maupun pasaran. Dengan pola ajek ini, mereka dapat menentukan awal bulan serta peristiwa-peristiwa keagamaan tanpa menggunakan metode lazim seperti hisab dan rukyat.

Dr Ahmad Muttaqin, yang akrab disapa Aqen, menjelaskan bahwa penggunaan Kalender Aboge telah berlangsung lama, terutama ketika Sultan Agung Mataram mengintegrasikan kalender Hijriah dengan kalender Jawa (Saka).

“Sultan Agung ingin menyatukan event keagamaan dengan budaya Jawa di masyarakat Mataram yang baru saja mengenal Islam. Sebelumnya, masyarakat mengadakan event-event tertentu berdasarkan tradisi budaya Jawa," tambahnya.

Dia juga menekankan bahwa sebelum integrasi tersebut, event-event keagamaan dan tradisi Jawa diadakan secara terpisah dan bersifat spasial.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut