Cerita Jenderal Andika Perkasa yang Pompa Semangat Nakes

Elde Joyosemito
.
Kamis, 29 Juli 2021 | 21:45 WIB
Jenderal Andika yang didampingi isterinya Diah Erwiany sengaja berkeliling RS TNI AD di Jawa Tengah.

PURWOKERTO, iNews.id-Hari sudah cukup sore, ketika rombongan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa masuk ke kompleks Rumah Sakit Tentara (RST) Wijayakusuma, Purwokerto.

Beberapa hari terakhir, Jenderal Andika memang sengaja berkeliling RS TNI AD di Jawa Tengah. Tujuannya adalah memompa semangat para tenaga medis atau nakes yang terus bekerja keras terutama dalam menanggulangi Covid-19.

Begitu turun dari mobil, Jenderal Andika yang didampingi isterinya Diah Erwiany atau biasa disapa Hetty Andika Perkasa langsung menyapa satu per satu para personel TNI yang berjajar dengan menjaga jarak. Tak hanya Jenderal Andika yang menyapa, apa kabar, kemudian dilanjutkan tetap juaga kesehatan, tetapi juga isterinya Hetty. Mereka tampak humble dengan menebar senyuman dan sapaan.

Meski sebagai Jenderal bintang empat, tetapi dirinya tidak berjarak dengan anak buahnya terutama yang bekerja di RST Wijayakusuma. Jenderal Andika berkesempatan untuk berdialog dengan nakes yang terpapar Covid-19. Salah satu nakes yang berbicara melalui video menceritakan bagaimana dia mengalami gejala-gejala Covid-19.

Jenderal Andika tampak memperhatikan dan berusaha untuk terus memompa semangat nakes yang terpapar Covid-19 tersebut. Begitu juga dengan para dokter dan perawat yang bekerja di ruang ICU perawatan Covid-19.

Dalam dialog tersebut, ternyata ada seorang nakes yang belum pernah terpapar Covid-19. Meski sejak awal ada virus corona, dia bertugas di garda terdepan sebagai nakes yang mengurus pasien Covid-19.

Namanya Asnawi. Dia mengatakan kalau belum pernah terpapar Covid-19. “Saya belum pernah kena. Tetapi sekitar 75% teman saya yang bekerja di bagian isolasi terjangkit Covid-19. Saya bekerja di ICU sejak awal pandemi Covid-19. Alhamdulillah saya belum pernah,”ujarnya Asnawi.

Mendengar testimoni itu, Jenderal Andika langsung mengatakan,“Tolong ya, tipsnya disampaikan ke teman-teman, bagaimana agar bisa terhindar dari virus Covid-19.”

Jenderal Andika memompa semangat para nakes yang telah berjuang keras dalam menanggulangi Covid-19. Bahkan, Kasad menyebut ada 20% nakes di RS TNI AD yang berjumlah 95 RS terpapar virus corona. “Tetap jangan lupa jaga kesehatan ya,”kata Jenderal Andika saat mengakhiri konferensi video dengan nakes di RST Wijayakusuma.

Selain memberikan semangat kepada para tenaga medis di RST Wijayakusuma, mantan Danpaspampres dan Pangkostrad tersebut juga membawa oleh-oleh untuk para nakes yang dibawanya dari Jakarta.

“Sejak Sabtu kemarin, saya berkeliling di Jawa Tengah. Ke RS-RS TNI AD yang ada di Jawa Tengah. Ya, saya membawa sedikit oleh-oleh dari Jakarta. Supaya bisa menambah imunitas mereka, menambah protein. Ya sedikit-sedikitlah bantuan,”kata Jenderal Andika.

 

Editor : Elde Joyosemito
Bagikan Artikel Ini