get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Banyumas Raih Kehumasan Terbaik Kedua di Jawa Tengah

Nama Ruli Adi Mencuat, Jadi Primadona Bupati di Banyumas Raya

Jum'at, 24 Mei 2024 | 10:29 WIB
header img
Nama R Ruli Adi mencuat bahkan diperebutkan untuk menjadi bupati di empat kabupaten yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap. (Foto: Istimewa)

Pernyataan senada juga disampaikan oleh seorang tokoh asal Banjarnegara Abdi Wasono. Secara terang-terangan, dia malah menyampaikan supaya ikut kontestasi di Banjarnegara. "Kalau boleh, silakan saja di Banjarnegara, kami akan mendukung penuh,"katanya.

Alasannya, Den Ruli merupakan tokoh nasional yang jelas-jelas telah membuktikan kinerjanya dengan sukses. Karena memang memiliki kapasitas dan kapabilitas. "Dengan kapasitas dan kapabilitas yang dipunyai, maka sangat cocok memimpin di Banyumas Raya. Pengalaman yang Den Ruli miliki,  akan mampu membawa kemajuan daerah. Di sisi yang lain, Den Ruli telah selesai dengan dirinya sendiri, sehingga seluruh waktunya dapat dicurahkan untuk melayani masyarakat luas,"paparnya.

Namun, keinginan tokoh daerah lain untuk membawa Den Ruli ke luar daerah ditepis oleh sejumlah warga di Purbalingga. "Den Ruli itu orang asli Purbalingga. Bahkan, beliau merupakan buyut langsung laki laki tertua dari Dipokusumo V yang lebih dikenal dengan sebutan Kanjeng Candiwulan yang merupakan bupati Purbalingga ke-7. Maka Den Ruli harus memimpin Purbalingga,"ujar Angga Sukmawan, seorang driver ojek online yang ikut diskusi.

Dia mengatakan bahwa Den Ruli dibutuhkan untuk menjawab segala persoalan yang ada di Purbalingga. "Purbalingga itu masih memiliki berbagai macam persoalan. Di antaranya adalah rendahnya lapangan kerja terutama untuk laki-laki. Saya kira Den Ruli akan mampu menciptakan lapangan kerja, karena sudah tersiar beberapa program yang nantinya dapat direalisasikan pada saat menjabat. Misalnya pembangunan kawasan industri, mal, hotel dan wisata,"kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Purbalingga Rocky Djunjungan mengatakan R Ruli Adi adalah figur yang dapat diterima di Banyumas Raya. Meski demikian, dia berharap supaya Den Ruli untuk memimpin Purbalingga. 

"Sudah beberapa kali saya diskusi dengan beliau. Dan Pak Ruli merupakan tokoh yang berpengalaman serta pengalamannya telah dibuktikan dengan kinerja yang sangat baik di BUMN. Kemudian beliau mempunyai konektivitas nasional, sehingga jika memimpin maka akan lebih mudah berkomunikasi dengan para tokoh nasional,"ujarnya.

Apalagi, lanjut Rocky, Den Ruli hanya akan memimpin satu kali periode, itu pun gajinya tidak akan diambil. "Saya kira ini sosok yang cocok ya, secara secara kapital sudah punya, memiliki konektivitas nasional dan nasabnya jelas Putra Mahkota Purbalingga. Merupakan keturunan dari pemimpin Purbalingga,"jelasnya.

Dalam diskusi hybrid juga menghadirkan mantan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memaparkan kriteria pemimpin. Karena Tatto telah sukses menjadi bupati selama dua periode.

"Saya berpesan, pemimpin itu harus merakyat. Saya lihat Pak Ruli sudah keliling ke desa-desa dan itu bagus. Supaya mengenal rakyatnya dan bicara dari hati ke hati. Rakyat perlu dilibatkan dalam pembangunan. Dan saya yakin Pak Ruli sangat pas untuk Purbalingga,"tandasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut