get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada, Bupati Tiwi Minta FKUB Berperan Jaga Kondusivitas Daerah

Putra Mahkota dan Ponakan Berlaga di Pilkada Purbalingga, Pakar: Lihat Kapasitas dan Kapabilitas

Selasa, 28 Mei 2024 | 10:39 WIB
header img
Pilkada Purbalingga mulai menghangat, di antaranya karena tampilnya seorang paman yang disebut-sebut putra mahkota R Ruli Adi dan keponakan yakni Bupati Tiwi. (Foto: Istimewa)

"Masyarakat dapat menilai, misalnya bagaimana keponakan dalam memimpin Kabupaten Purbalingga, apa saja prestasinya dan bagaimana kinerjanya. Di sisi lain masyarakat juga bisa melihat track record paman saat memimpin dan bekerja di tempat sebelumnya. Apa saja prestasi yang diraihnya. Serta bagaimana kinerjanya,"jelasnya.

Lalu bagaimana silsilah antara paman dan keponakan tersebut? Tiwi merupakan keponakan dari R Ruli Adi. Tiwi merupakan anak dari Triyono Budi Sasongko, dua kali menjabat bupati, menantu RM Subagio Wiryo Saputra.

Sedangkan, R Ruli Adi merupakan anak laki-laki pertama dari RM Subagio Wiryo Saputra yang sekaligus merupakan buyut langsung laki laki tertua dari Dipokusumo V atau dikenal dengan sebutan Kanjeng Candiwulan Bupati Purbalingga ke 7. Masyarakat kerap menyebut R Ruli Adi sebagai Putra Mahkota trah Dipokusumo.

Tiwi merintis karir menjadi karyawan di salah satu BUMN, yakni PT Pegadaian (Persero). Dia lahir dan besar di Jakarta.

Setelah itu, menjadi wakil Bupati Purbalingga mendampingi Tasdi. Lalu naik menjadi bupati, setelah kasus Tasdi.

Selanjutnya, pada Pilkada 2020 lalu dia terpilih menjadi Bupati Purbalingga bersama dengan H Sudono, yang menjadi wakil bupati.

Sementara itu, karir R Ruli Adi banyak dihabiskan di pusat, tepatnya di sejumlah BUMN. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Kawasan Industri Medan, Direktur Utama PT BGR (Persero), Direktur SDM dan Umum PT KAI, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional, serta berbagai jabatan strategis lainnya.

R Ruli Adi lahir, besar, dan menyelesaikan pendidikannya di Kabupaten Purbalingga. Ia meraih gelar sarjana hukum dari Unsoed Purwokerto.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut