get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Deklarasi Gema Indonesia Jelang Pilkada Banyumas, Usung Paslon dari PDI Perjuangan

Kamis, 06 Juni 2024 | 18:48 WIB
header img
Gerakan Marhaenis (Gema) Indonesia mendeklarasikan diri sebagai organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Banyumas, Kamis (6/6/2024).

"Harapan saya, harapan teman-teman, dengan ada banyaknya organisasi yang bergerak di dalam marhaenisme, maka yang menggemakan ajaran marhaenisme itu menjadi makin banyak. Bukan buat kami jadi terkotak-kotak, tidak ada terkotak-kotak diantara kami," lanjutnya.

Jarot menjelaskan, setelah berdirinya Gema Indonesia ini, program kerja organisasi masyarakat waktu dekat adalah mensosialisasikan kembali tentang ajaran Bung Karno yaitu marhaenisme atau Pancasila.

"Dalam pemikiran kami itu yang namanya Pancasila dan marhaenisme itu sama saja. Bahasa orang lama itu marhaenisme dan Pancasila itu ibaratnya seperti daun suruh, melumah dan tengkurap, perbedaannya cuma di situ. Tapi kalau digigit rasanya sama, itulah marhaenisme," ungkapnya.

Bahkan, muncul kekhawatiran akhir-akhir ini soal masifnya ajaran yang membawa anak-anak menuju paham radikalisme yang ditimbulkan oleh kelompok tertentu. Maka dari itu, teman-teman akan berupaya memperjuangkan agar Pancasila betul betul menjadi jati diri bangsa Indonesia.

"Maka sejak usia dini, sejak PAUD TK SD SMP SMA, kami mendesak pemerintah agar Pancasila benar benar menjadi jati diri, bukan hanya sebagai slogan saja," ujarnya.

Sementara menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Banyumas, Dr. Budhi Setiawan mengatakan jika ide mendorong Gema Indonesia ini muncul mungkin karena pengalaman ada beberapa gerakan yang semuanya sama dengan basic marhaen, walaupun gemanya juga tidak begitu kuat. Maka dari itu dirinya sangat mendukung niat baik berdirinya Gema Indonesia. 

"Harapan saya silahkan jalan dengan gerakan-gerakan dan juga bagaimana Gema ini bisa bersama-sama dengan masyarakat. Karena apa yang dipesankan oleh bu Mega, membumikan ajaran Bung Karno, salah satu diantaranya paham marhaenisme," ujarnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut