get app
inews
Aa Read Next : Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Diri Sendiri

Dua Masjid UMP Lakukan Kurban Sapi dan Kambing Sebanyak 25 Ekor

Senin, 17 Juni 2024 | 10:15 WIB
header img
UMP melalui Masjid Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tajdiid melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 9 ekor kambing pada Idul Adha. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Masjid Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tajdiid melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 9 ekor kambing pada Idul Adha tahun ini.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr. Jebul Suroso, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan kurban ini. Menurutnya, penyembelihan hewan kurban merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan dalam menjalankan syariat Islam.

"Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan dan menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT," ujarnya.

Dalam khotbahnya di Masjid At-Tajdiid Kampus II UMP, Rektor UMP juga mengajak jamaah untuk belajar dari kisah keteladanan Nabi Ibrahim. Beliau menekankan bahwa Nabi Ibrahim menunjukkan keteguhan iman, kepemimpinan yang demokratis, dan keikhlasan dalam tindakan.

"Ketika diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ibrahim menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan meminta pendapat anaknya, yang dengan penuh keimanan menjawab untuk melaksanakan perintah Allah," paparnya.

Dekan Fakultas Agama Islam UMP, Assoc Prof Dr. Makhful, M.Ag, juga menjadi khatib pada Salat Idul Adha yang digelar di Kampus I UMP. Dalam khotbahnya, ia menekankan pentingnya meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai fondasi dalam membentuk karakter generasi muda yang taat kepada Allah SWT dan patuh kepada orang tua.

"Syariat kurban dan haji tidak bisa dipisahkan dari pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kisah mereka mengajarkan kita tentang ketulusan dan ketaatan kepada Allah SWT," ujar Assoc Prof Dr. Makhful dalam ceramahnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut