get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ketua Bawaslu Banyumas tak Jadi Ikut Kontestasi Pilkada? Ini Alasannya

Banyumas Urutan 3 Penyalahgunaan Narkoba di Jawa Tengah, Nomor 2 HIV AIDS

Rabu, 26 Juni 2024 | 18:21 WIB
header img
Ilustrasi narkoba. Foto: Ilustrasi/Ist.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN) Kabupaten Banyumas memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Rabu (26/6/2024) di Pendopo Si Panji Purwokerto. Kegiatan bertemakan masyarakat bergerak, bersama melawan narkoba, mewujudkan Indonesia bersinar tersebut dilakukan secara daring serentak di seluruh Indonesia.

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan jika Banyumas kini dalam kondisi rawan, sebab penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Banyumas saat ini menempati urutan ke-3 se-Jawa Tengah setelah Semarang dan Surakarta. Setidaknya terdapat sekitar 20.000 penyalahguna narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Banyumas, dan membutuhkan sinergi dari semua pihak untuk penangananya.

“Dari data yang kami peroleh, Banyumas tertinggi ketiga di Jateng untuk penyalahgunaan narkoba. Kalau HIV AIDS, Banyumas nomor 2,” kata Hanung dalam keterangannya.

Menurutnya penyalahgunaan narkoba di Banyumas, merupakan persoalan yang wajib diatasi bersama-sama, sebab di Kabupaten Banyumas ada delapan kelurahan/desa yang berstatus kawasan rawan narkoba dengan kategori berbahaya. 

“Ini merupakan data yang sangat besar. Oleh karena itu, kami bersinergi dengan teman-teman BNN, TNI/Polri, LSM, dan siapa pun yang bisa bekerja sama dengan kami untuk menyiapkan skenario konvergensi atau kerja sama semua pihak, baik dari sektor swasta, pemerintah, dan semuanya untuk terlibat langsung mengatasi persoalan ini, utamanya di sektor pencegahan,” ucapnya.

Untuk menekan angka tersebut, kini pihaknya telah meminta kepada BNN Banyumas untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah-sekolah, desa-desa dengan cara sosialisasi.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut