get app
inews
Aa Read Next : Dua Masjid UMP Lakukan Kurban Sapi dan Kambing Sebanyak 25 Ekor

Gerakan Sedekah Sampah PDM, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Jaga Lingkungan

Minggu, 07 Juli 2024 | 14:28 WIB
header img
Gerakan Sedekah Sampah PDM, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Jaga Lingkungan. Foto: Dok UMP

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Gerakan Sedekah Sampah yang diprakarsai oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas diluncurkan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Minggu, (07/07/2024). Kegiatannya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan melalui pengelolaan sampah yang lebih baik.

Ketua PDM Banyumas, M Djohar mengatakan jika gerakan ini penting untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah. Menurutnya, gerakan sedekah sampah ini menjadi langkah nyata Muhammadiyah Banyumas berkontribusi menjaga lingkungan. 

“Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif, mulai dari memilah sampah di rumah hingga mendonasikan sampah yang bisa didaur ulang,” kata Djohar dalam keterangannya.

Djohar juga menekankan jika gerakan ini tidak hanya sekadar aksi lingkungan, akan tetapi juga memiliki nilai sosial dan ekonomi. 

“Dengan mendonasikan sampah, masyarakat tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA, tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas yang mengelola sampah daur ulang,” ujarnya.

Ia menjelaskan jika gerakan ini diharapkan bisa menjadi model bagi daerah lain untuk mengelola sampahnya secara lebih efektif dan berkelanjutan.

“Semoga gerakan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sementara menurut Rektor UMP, Dr Jebul Suroso, dalam sambutannya, menyampaikan dukungan penuh dari universitas terhadap gerakan ini. 

“UMP berkomitmen untuk mendukung berbagai inisiatif yang bertujuan untuk keberlanjutan lingkungan. Gerakan Sedekah Sampah ini sejalan dengan visi UMP untuk menjadi kampus yang peduli lingkungan dan berkelanjutan,” jelasnya.

Jebul menambahkan jika UMP akan mengintegrasikan gerakan ini dalam berbagai kegiatan kampus, termasuk dalam aktivitas mahasiswa. 

“Kami akan memastikan bahwa seluruh civitas akademika UMP turut berpartisipasi dalam gerakan ini, baik melalui kegiatan akademik maupun non-akademik,” katanya.

Ia mengatakan, dengan peluncuran gerakan sedekah sampah, diharapkan masyarakat Banyumas, dapat lebih peduli terhadap pengelolaan sampah dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut