Logo Network
Network

Petani Panembangan Sukses Kembangkan Mina Padi, DPR dan KKP Apresiasi

Elde Joyosemito
.
Kamis, 24 Februari 2022 | 16:01 WIB
Petani Panembangan Sukses Kembangkan Mina Padi, DPR dan KKP Apresiasi
Anggota DPR Sunarna bersama Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP Lilly Pregiwati panen raya perdana mina padi

BANYUMAS, iNews.id - Inilah kisah Karwo (51) warga Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Dia menjadi salah satu petani yang sukses mengembangkan mina padi di desa setempat. Mina padi adalah areal sawah yang ditanami padi, tetapi genangan airnya ada budidaya ikan. Dengan mengembangkan itu, dia tidak hanya mendapatkan keuntungan dari hasil padi, melainkan juga dari ikan. Jenis ikan yang dikembangkan adalah nila. 

Karwo menjelaskan mina padi itu memelihara ikan di sekitar tanaman padi baik di tengah maupun di pinggiran. Dari areal 7.000 meter persegi (m2), yang untuk koam 10% atau 700 m2. Awalnya saya memelihara ikan 245 kg sebesar ibu jari. Bisa panen dalam waktu 3 bulan mencapai 650 kg.

Karwo mengatakan bahwa sebelum ada mina padi, hasil panen dari luasan satu sangga atau 70 m2 yang sebelumnya 53 kg kini menjadi 61 kg. 

“Jadi, saya juga terkejut, ternyata hasil panen padi juga mengalami peningkatan. Dari lahan seluas 7.000 m2, saya mendapatkan keuntungan Rp4 juta hingga Rp5 juta. Selain itu, sata juga memperoleh untung dari budidaya ikan mencapai Rp7 juta. Jadi lebih dari lumayan,”jelas dia.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini