get app
inews
Aa Read Next : Kisah Perwira TNI Surati Presiden Soeharto Minta Jatah Gubernur Jabar, Mengaku atas Perintah Dukun

Kisah Pak Harto ke Bosnia, Tindakan Berani di Tengah Konflik Perang Saudara Memanas

Sabtu, 13 Juli 2024 | 06:56 WIB
header img
Mendiang Presiden Soeharto (Pak Harto) dikenal sebagai sosok yang berani dan tegas. Foto: DOK/Ist

PURWOKERTO,iNewsPurwokerto.id -  Mendiang Presiden Soeharto (Pak Harto) dikenal sebagai sosok yang berani dan tegas. Salah satu tindakannya yang paling berani adalah kunjungannya ke Bosnia-Herzegovina pada tahun 1995, saat negara tersebut sedang dilanda perang saudara yang dahsyat.

Presiden Soeharto didampingi oleh Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin saat kunjungannya ke Bosnia pada tahun 1995. Sjafrie Sjamsoeddin saat itu menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sebelum membahas kunjungan Pak Harto, penting untuk memahami situasi Bosnia pada saat itu. Negara ini tengah mengalami konflik etnis yang sangat brutal antara etnis Bosnia Muslim, Serbia, dan Kroasia. Kekejaman perang, termasuk pembantaian massal, membuat dunia terhenyak.

Di tengah kondisi yang sangat berbahaya, Presiden Soeharto memutuskan untuk mengunjungi Bosnia. Sebagai pemimpin Gerakan Non-Blok, ia merasa bertanggung jawab untuk menjadi mediator dalam konflik ini. Selain itu, ia juga ingin menunjukkan simpati kepada umat Muslim Bosnia yang menjadi korban utama dalam konflik tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut