get app
inews
Aa Read Next : Nasihat Ulama Menyentuh Hati untuk Orang yang Sudah Berusia 45, 55, 60 dan 70 Tahun  

Ghibah, Awas Ini Bahaya dan Azab yang Mengancam

Jum'at, 25 Februari 2022 | 10:01 WIB
header img
Ghibah adalah perbuatan buruk harus dihindari kaum Muslimin. Namun, sayangnya ghibah seolah dianggap hal biasa saja. (Foto: Ilustrasi/Shuttererstock)

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bertanya: "Tahukah kamu, apakah ghibah itu? Para sahabat menjawab: 'Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.' Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.' Seseorang bertanya: 'Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan?' Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan (memfitnah) terhadapnya'." (HR Muslim)

"Menjadi seorang istri yang baik dan taat pada agama, ketika ada tetangga datang menghampiri dan ia membawa gosip, maka kita cukup katakan Innalillahi wa innailaihi roji'un, Na'udzubillahi min dzalik. Serta berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala memohon kepada-Nya untuk diberi perlindungan dari keburukan," tuntas dai asal Makassar ini.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut