get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Selesai 45 Persen, Gedung DPRD Banyumas Diresmikan untuk HUT RI dan Pelantikan Anggota Dewan

Senin, 29 Juli 2024 | 18:15 WIB
header img
Gedung DPRD Kabupaten Banyumas yang berada di Jalan Bung Karno, Purwokerto diresmikan, Senin (29/7/2024). Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Gedung DPRD Kabupaten Banyumas yang berada di Jalan Bung Karno, Purwokerto diresmikan, Senin (29/7/2024). Peresmian gedung DPRD Kabupaten Banyumas dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro bersama Ketua DPRD Banyumas Budhi Setiawan. 

Ketua DPRD Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan jika pembangunan gedung DPRD Kabupaten Banyumas dilakukan mengingat gedung lama, saat ini sudah tidak representatif untuk menggelar acara-acara pemerintahan. Menurut dia, hal tersebut dapat dilihat dari luas gedung yang cukup sempit, dengan jumlah total 50 anggota DPRD, sehingga sudah waktunya untuk dibangun gedung baru DPRD Banyumas.


Selesai 45 Persen, Gedung DPRD Banyumas Diresmikan untuk HUT RI dan Pelantikan Dewan. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

 

“Pada saat sebelum covid, kami cukup kesulitan jika diadakan rapat yang melibatkan banyak orang. Terkadang kami menggunakan ruang Paripurna yang seharusnya digunakan sebagai tempat sakral untuk memutuskan keputusan penting, namun malah digunakan untuk rapat," kata dr Budhi Setiawan kepada wartawan, Senin.

Ia mengatakan jika dibangunnya gedung baru DPRD Kabupaten Banyumas merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Selain itu, sebagai sarana untuk memfasilitasi kinerja DPRD, sebab gedung lama sangat terbatas, baik ruang maupun fasilitas pendukungnya. 

“Karena gedung lama itu dibangun tahun 1960, ya kalau dulu termasuk bangunan megah, tapi kalau sekarang ruangnya kurang,” ujarnya.

Dia berharap, dengan gedung baru dan fasilitas baru, para anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang baru, nantinya dapat meningkatkan kinerjanya. “Tentunya harapannya seperti itu, dengan fasilitas yang sudah ditingkatkan, bisa meningkatkan kinerja,” ujarnya.

Sementara menurut Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan jika gedung DPRD Kabupaten Banyumas belum sepenuhnya selesai dibangun. Sebab gedung ini di bangun secara bertahap menggunakan dana APBD Kabupaten Banyumas tahun anggaran 2021 hingga tahun 2024 dengan total anggaran sebesar Rp76,3 miliar.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut