get app
inews
Aa Read Next : Video Live Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Kulonprogo

Serangan Umum 1 Maret: Kenangan Soemardi yang Ledakkan Jembatan Kali Bedog

Selasa, 01 Maret 2022 | 07:15 WIB
header img
Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta selalu diingat Letda CPM Purn R Soemardi

SEMARANG, iNews.id - Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta selalu diingat Letda CPM Purn R Soemardi

Ketika itu Soemardi bergabung dalam Satuan Polisi Tentara (PT), sekarang dikenal sebagai Polisi Militer (PM).  

Perjuangan Soemardi diawali dari organisasi kepemudaan yang berjuang untuk kemerdekaan di era penjajahan Jepang. 

Pasca Proklamasi Kemerdekaan dan Belanda mulai menguasai kembali Indonesia, Soemardi baru bergabung dalam BKR dan pembentukan Tentara Republik Indonesia (TKR) masuk dalam kesatuan Polisi Tentara. 

Pria kelahiran Kampung Jlagran Yogyakarta, 17 Mei 1926 (data administrasi 1929) ini dibesarkan di dalam Benteng. Keterlibatannya diawali dengan memanggul senjata karena tertarik dengan penampilan sepupunya bernama Sumaryadi yang tinggal di Desa Mejing Gamping, Sleman. 

"Saat itu saya masih usia belasan melihatnya gagah. Berpakaian tentara dengan peci dan baret serta membawa senjata. Akhirnya saya bisa bergabung BKR dan masuk satuan Polisi Tentara di Kompi 26,” kenang Soemardi. 

Di Jogja saat itu ada Denpom dan Kompi 26 Polisi Tentara. Kompi ini terlibat dalam operasi-operasi pendukung pertempuran termasuk Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949. Saat itu Serangan Oemoem berhasil menurunkan moril pasukan Belanda. 

Pertempuran ada di mana-mana untuk merebut Yogyakarta. Banyak korban di kita karena persenjataan tidak berimbang," kata R Soemardi yang pensiun tahun 1977 dinas terakhir di Pomdam VII (sekarang IV) Diponegoro. 

Soemardi mengungkapkan, saat itu dia ditugaskan bertempur di Sektor Barat Yogyakarta. Bahkan pertempuran melebar karena tekanan tentara Belanda menurutnya sangat luar biasa. Dalam ingatannya, dia pernah mendapatkan tugas meledakkan dinamit dalam operasi penghancuran jembatan Kali Bedog Kecamatan Gamping, Sleman.  

"Jembatan itu harus kami hancurkan untuk menyekat supaya pasukan Belanda tidak bisa menyeberang untuk memburu pejuang. Ledakannya besar sekali sampai kami merasa ketakutan kalau tiba-tiba Belanda muncul mencari dan mendekati sumber bunyi ledakan,” ujar Soemardi.  

“Kami bersama teman-teman seperjuangan saat itu juga berhasil memutus jalur Wates. Dinamit kami pasang di tengah jalan, begitu ada truk penuh tentara Belanda langsung kami ledakkan dan truk terlihat dari kejauhan hancur berkeping-keping. Seketika konvoi kocar-kacir, namun kami tak berani mendekati truk dan merampas senjata, mengingat khawatir datang bala bantuan," ujar Soemardi yang tinggal di Tembalang Semarang. 

Sembilan bulan kemudian, tepatnya 17 Desember 1949, prajurit Soemardi ditugaskan mengamankan pelantikan Ir Soekarno sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat di Sitihinggil Keraton Yogyakarta. 

Tentara yang dipimpin Letnan Neklani saat itu menurut Soemardi termasuk pasukan andalan yang kerap menjalankan misi tempur. 

Maka untuk mengamankan jalannya pelantikan Presiden RIS dimaksudkan agar siap memghadapi segala kemungkinan gangguan maupun misi penggagalan. Dalam bertempur, saat itu Soemardi yang berpangkat prajurit (sekarang tamtama) dibekali senjata pistol mitraliur. 

Suatu senjata otomatis yang bisa memuntahkan peluru beruntun meski kalibernya sama dengan pistol semi otomatic FN. Dengan pistol mitraliur saat itu menurutnya sudah cukup meninggikan semangat bertempur, hanya saja ketika berhadapan dengan tembakan bren dan tembakan pesawat cocor merah semua pasukan pasti akan cari perlindungan.  

Sayang diusianya ke-95 tahun pendengarannya sudah terganggu karena sejak menjadi Polisi Militer dia ditugaskan sebagai Bintara Perhubungan yang menangani pesan bersifat umum maupun rahasia dengan telegraph maupun morse. Suara mesin morse yang melengking tinggi telah mempengaruhi membran telinganya sehingga sulit mendengar suara pelan. 

Tapi hebatnya, ingatan dan kondisi penglihatannya yang masih tajam. Secara fisik kondisi Soemardi juga sehat. Tanya resepnya, menurut Soemardi karena rajin membaca Alquran dan koran setiap hari.  

"Tiap pagi sehabis salat Subuh saya sempatnya membaca Alquran, menjelang siang setelah sarapan saya lanjutkan membaca koran. Alquran membuat hati damai, nyaman dan tenteram sehingga Insya Allah akan menjadikan jiwa sehat. sementara Koran mampu menjaga dan menghindari pikun atau lupa," ujarnya. 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut