get app
inews
Aa Read Next : Tarian Kolosal Warnai Peringatan HUT RI di Kebumen

Puluhan Ribu Orang Bershalawat di Pembukaan Pesta Rakyat Kebumen, Malam Ini Ada Konser Jamrud

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 13:06 WIB
header img
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto resmi membuka event Pesta Rakyat Kebumen (Perak), Jumat (23/8) malam di Alun-alun Pancasila Kebumen. Foto: Dok Humas Pemkab Kebumen

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi membuka event Pesta Rakyat Kebumen (Perak), Jumat (23/8) malam di Alun-alun Pancasila Kebumen. Puluhan ribu orang memadati alun-alun saat pembukaan event Perak yang dilakukan bersamaan dengan shalawatan bersama Kiai Mustafid, Gus Johan Amru, dan Group Hadroh Kabumian.

Arif Sugiyanto mengatakan, Perak merupakan event rakyat yang berlansung selama tiga hari sejak Jumat-Minggu, 23-25 Agustus 2024. Dalam event Perak ini menghadirkan konser musik Jamrud yang gratis bagi masyarakat serta menghadirkan pameran produk unggulan TP PKK dari 26 kecamatan dan UMKM.

"Malam ini kita buka dengan shalawat dan doa bersama. Jadi setiap event seperti halnya Perak dan Kebumen International Expo (KIE), itu pasti selalu ada shalawatannya. Karena ini menunjukan jati diri kita sebagai warga Kebumen yang Beriman dan berakhlak," kata Arif dalam keterangannya, Sabtu (24/8/2024).

Menurut Arif, tujuan event ini adalah untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat, sekaligus memperkenalkan seluruh produk-produk unggulan UMKM dan TP PKK yang ada di seluruh kecamatan Kabupaten Kebumen kepada masyarakat. Arif percaya, event ini sangat efektif untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ini terbukti pertumbuhan ekonomi Kebumen naik menjadi 5,74 persen atau tertinggi se-Jawa Tengah. Jadi dampaknya memang benar-benar ada, inilah yang harus kita tangkap. Kita harus bisa berupaya agar ekonomi semakin tumbuh, salah satunya dengan memperbanyak event," ucapnya.

Event Perak ini sendiri telah berlangsung kemarin sejak Jumat pagi dengan diawali kegiatan seminar UMKM di Pendopo Kabumian. Lalu pada siang harinya diramaikan dengan kegiatan tarian tradisional berupa Ebeg atau kuda kepang, dan opening yang dilaksanakan pada malam harinya. 

Dengan tema PKK Peduli UMKM, event Perak membuka 150 stand untuk 26 perwakilan TP PKK kecamatan dan 217 UMKM. Selain pameran, diadakan pula kegiatan Fashion Show dari TP PKK, barongsai, konser musik Jamrud pada Sabtu malam tanggal 24 Agustus.

Lalu pada hari terakhir, Minggu 25 Agustus bakal ada kegiatan senam pagi dengan KORMI, lalu Gebyar PAUD, dan Perlombaan Barberfest.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut