get app
inews
Aa Read Next : Perangi Narkoba di Lingkungan Kerja, Kilang Pertamina Cilacap Gelar Tes Urine 3 Ribu Orang

Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

Selasa, 03 September 2024 | 08:20 WIB
header img
Pertiwi, wadah inklusif bagi pekerja perempuan Pertamina di Kilang Cilacap, berkolaborasi dengan komunitas Mom’s Go Green dalam aksi pengumpulan jelantah. (Foto: Istimewa)

"Kami bersyukur, semakin banyak warga perumahan yang antusias dalam menyukseskan program-program kami," katanya.

Selain itu, Mom’s Go Green juga menjalankan program pengumpulan sampah setiap dua pekan, yang mencakup sampah bernilai ekonomis seperti plastik, kardus, dan kertas. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan untuk diproses menggunakan mesin Refused Derived Fuel (RDF) milik Pemkab Cilacap sebagai penghasil biodiesel. 

"Kami juga memiliki program tahunan, yaitu decluttering, di mana anggota menyortir barang-barang di rumah, mana yang masih disimpan, mana yang ingin disedekahkan atau dijual," jelas Tiara.

Mom’s Go Green, yang anggotanya terdiri dari ibu-ibu istri pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap serta beberapa pekerja wanita, memiliki semangat dan tekad yang sama dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah, dimulai dari rumah tangga. 

"Potensi terbesar produksi sampah berasal dari rumah kita sendiri, maka di sini peran ibu-ibu sangat penting dalam upaya menyelesaikan persoalan sampah," ujar Tiara.

Dalam kegiatan ini, terkumpul 529 liter minyak goreng jelantah dari warga komplek Perumahan Pertamina Donan. Minyak jelantah ini kemudian diangkut oleh komunitas Jejak Jelantah untuk diproses menjadi biodiesel.

Program kali ini juga mendapatkan perhatian dari tim Sustainability PT Pertamina (Persero), yang hadir untuk melihat langsung program pengumpulan minyak jelantah tersebut. Acara diakhiri dengan diskusi santai mengenai keberlanjutan program-program penyelamatan lingkungan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut