get app
inews
Aa
Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Prokes Tetap Ketat, Meski Lokawisata Baturraden Luasnya 12 Kali Lapangan Sepak Bola

Sabtu, 15 Mei 2021 | 10:26 WIB
header img
Kawasan wisata Baturraden yang tetap perketat protokol kesehatan. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id- Kawasan Lokawisata Baturraden, Banyumas menjaga protokol kesehatan secara ketat kepada pengunjung yang datang. Sehingga, wisatawan merasa aman dari Covid-19 ketika berwisata di sejumlah obyek wisata Baturraden.

Lokawisata Baturraden memiliki luas secara total 16,85 hektare (ha), sedangkan luas yang dipakai untuk wisata mencapai 10 ha atau 100 ribu m2. Kalau diperbandingkan, luasnya mencapai sekitar 12 kali lapangan sepak bola. Dengan demikian, kapasitas obyek wisata Baturraden dapat menampung 100 ribu orang. Namun, karena masa pandemi, maka harus diciptakan jarak, sehingga kapasitasnya diturunkan menjadi 50 ribu orang.

“Karena sesuai aturan jumlah wisatawan hanya diperbolehan 30%, maka yang dapat berwisata di Baturraden hanya sekitar 15 ribu pengunjung,”jelas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Wahyono Ghozali pada Sabtu (15/5/2021).

Dijelaskan oleh Wahyono, demi mengantisipasi agar tidak terjadi penularan Covid-19 di Lokawisata Baturraden, pihaknya memperketat prokes. Dari mulai pengunjung datang, sudah haris antre. Kemudian, para petugas melakukan pengecekan suhu pengunjung. Juga telah disiapkan tempat cuci tangan. “Tentu saja, mereka yang datang harus mengenakan masker,”tegasnya.

Menurutnya, jumlah pengunjung di Baturraden pada Jumat (14/5/2021) atau Lebaran kedua sudah cukup banyak. Tetapi jumlahnya masih tetap di bawah 30% dari ketentuan yang telah ditetapkan. “Pada Jumat, jumlah pengunjung sebanyak 2.700 orang. Kondisi pandemi, Baturraden maksimal dapat menerima hingga 15 ribu pengunjung,”ujarnya.

Pada Sabtu dan Minggu (15-16/5/2021) diharapkan jumlah kunjungan akan mengalami peningkatan. Namun demikian, pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jumlah pengunjung tetap dibatasi.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut