get app
inews
Aa Read Next : Mantan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono Ambil Formulir Pendaftaran Cabup

Banyumas Perluas Lahan Tanaman Kelapa Genjah Nias 

Sabtu, 05 Maret 2022 | 13:46 WIB
header img
Banyumas mendapat bantuan bibit kelapa genjah Nias untuk lahan seluas 50 hektare (ha) di lima kecamatan

PURWOKERTO, iNews.id – Banyumas mendapat bantuan bibit kelapa genjah Nias untuk lahan seluas 50 hektare (ha) di lima kecamatan. Dari luasan 50 ha, ada sekitar 5.000 bibit kelapa karena dalam 1 ha mampu tanam sebanyak 100 bibit.

Bantuan itu dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan menggandeng Komisi IV DPR. Daerah yang dikembangkan sebagai lokasi penanaman kelapa genjah Nias adalah Desa Tlaga Kecamatan Gumelar, Desa Batuanten Kecamatan Cilongok dan Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng. Selain itu masih ada tiga desa lagi yakni Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen serta dua desa di Kecamatan Sumpiuh yakni Ketanda dan Banjarpanepen. Perwakilan dari Ditjen Perkebunan Suprihartono mengatakan bahwa kelapa merupakan salah satu komoditas andalan. 

“Namun demikian, sampai sekarang belum secara maksimal dimanfaatkan. Oleh karena itu, dibutuhkan bimbingan teknis untuk para petani. Selain itu, Ditjen Perkebunan juga memberikan bantuan bibit bagi petani di Banyumas,”jelasnya di sela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) di Purwokerto pada Sabtu (5/3/2022).

Di tempat yang sama, anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP Sunarna menyambut baik pengembangan lahan pohon kelapa di Banyumas. 

“Kami bersama dengan Ditjen Perkebunan tidak hanya memberikan bantuan bibit kelapa genjah Nias, melainkan juga memberikan bimtek kepada para petani yang nantinya mengembangkan,”ujarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut