get app
inews
Aa Read Next : Poerna Sri Oetari dari Angkatan 1988 Siap Maju dalam Pemilihan Ketua Alumni Fabio

Efisiensi Lahan, Dosen Fabio Kenalkan Budi Daya Lobster dalam Ember yang Diapungkan

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 11:01 WIB
header img
Fakultas Biologi Unsoed melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertajuk Budidaya Ikan di Dalam Ember (Budiklamber) Untuk Efisiensi Lahan Budidaya. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam sektor budi daya perikanan, dosen Fakultas Biologi Unsoed melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertajuk Budidaya Ikan di Dalam Ember (Budiklamber) Procambarus clarkii Untuk Efisiensi Lahan Budidaya dengan mitra Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Kedunglesung.

Pokdakan Kedunglesung merupakan kelompok budi daya ikan air tawar dan ikan hias di Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, dengan komoditas utama ikan nilem. 

Segmen kegiatan yang dilakukan adalah pembenihan dan pembesaran. Sejak tahun 2023, salah satu anggota kelompok mencoba memelihara lobster hias air tawar Procambarus clarkii namun mengalami berbagai kendala karena adanya keterbatasan pengetahuan dan ketersediaan lahan. Meski demikian, dalam kegiatan tersebut dikenalkan budi daya lobster.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai cara budidaya lobster hias air tawar P. clarkia pada lahan yang terbatas. Dalam pelaksanaan program ini, para dosen Fakultas Biologi Unsoed melakukan serangkaian sesi pelatihan dan diskusi interaktif dengan anggota Pokdakan Kedunglesung.

Melalui dana hibah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) yang dilaksanakan oleh lima dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, yakni Agus Nuryanto, Dian Bhagawati, Dwi Nugroho Wibowo, Atang dan Sri Lestari. 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut