get app
inews
Aa Read Next : Silaturahmi Akbar ASN, Pj Bupati Banyumas: Bulan Syawal Jadikan Lembaran Baru

Belum Mandi Junub tapi Sudah Masuk Subuh, Apakah Puasa Ramadhan Sah?

Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:01 WIB
header img
Mandi junub atau mandi wajib atau mandi janabah harus dilakukan suami istri usai berhubungan badan. (Foto: Shutterstock)

MANDI junub atau mandi wajib atau mandi janabah harus dilakukan suami istri usai berhubungan badan. Begitu juga dengan remaja pria yang mimpi basah juga diharuskan mandi junub.

Lantas bagaimana bila mandi junub belum dilakukan sementara sudah masuk waktu subuh dalam kondisi puasa Ramadhan.  Apakah puasanya jadi batal atau puasanya tidak sah.

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini sering menjadi pertanyaan dan selalu saja muncul setiap Ramadhan datang. Ustaz Ammi Nur Baits pun memberikan penjelasannya sebagai berikut. Kasus yang sering terjadi, mereka junub di malam hari dan ketiduran, kemudian bangun sudah masuk subuh.

Karena ketidaktahuannya, ada sebagian orang yang enggan puasa karena belum mandi junub ketika masuk subuh. Yang lebih parah lagi, ada yang tidak sholat subuh karena melanjutkan tidur hingga pagi hari. Padahal semua tindakan ini, meninggalkan shalat atau tidak puasa tanpa alasan, adalah dosa sangat besar.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut