get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lupa Submit, Besok Pendaftaran CPNS Ditutup

Perhatikan! Cara Agar Tidak Tertipu Calo CPNS dan PPPK

Selasa, 18 Mei 2021 | 11:29 WIB
header img
Ilustrasi pendaftaran CPNS

PURWOKERTO, iNews.id - Beberapa hal berikut ini, harus jadi perhatian agar tidak tertipu calo buat kamu yang sedang bersiap mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Karena banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi PNS dan persaingannya pun sangat ketat, banyak oknum yang memanfaatkannya untuk melakukan aksi penipuan.

Ada yang mengincar psikis, hingga materi. Untuk itu, jangan percaya oleh orang yang tidak dikenal secara tiba-tiba menawarkan untuk lolos CPNS dengan jalur mudah. Agar hal tersebut tidak menimpamu, simak tips berikut ini.

Sumber Informasi Resmi dari Situs Pemerintah
Sering-seringlah update terkait informasi seputaran CPNS dari situs terpercaya. Kamu dapat memantau situs pemerintah seperti bkn.go.id serta situs resmi kemendagri terkait CPNS.

Pendaftaran Resmi Hanya Melalui Situs BKN
Informasi, pendaftaran dan pengumuman CPNS, bisa kamu dapatkan dari situs terpercaya atau resmi milik BKN. Jika kamu mendapati situs yang berbeda, apalagi mencurigakan, jangan langsung percaya.

Karena situs yang tidak terpercaya, berpotensi melakukan aksi pencurian data pribadi, sekaligus memberikan informasi yang sesat.

Test CPNS Tidak Dipungut Biaya
Penipu akan menyakinkanmu supaya mau membayar sejumlah uang, untuk pendaftaran dan semacamnya. Jangan percaya, karena menurut situs resmi dari BKN tes CPNS tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.
 
Tolak Tawaran dari Orang Tak Dikenal
Banyak jenis modus penipuan, salah satunya orang yang mengaku menjadi bagian dari pemerintahan dan menawarkan jalur khusus atau relasi orang dalam.

Biasanya kamu akan diminta sejumlah uang ataupun beberapa dokumen lainnya. Jangan dengarkan dan percaya oleh ucapan orang tersebut, karena tidak ada cara lain selain mengikuti test CPNS resmi.

Selalu Cek Informasi Beredar
Terkadang informasi tersebar dengan cepat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, jangan terburu-buru menelan mentah-mentah informasi yang baru didapat. Cek kembali keabsahan informasi tersebut. 

Itulah beberapa cara, agar terhindar dari penipuan saat tes CPNS. Selalu berhati-hati dan mawas diri. Semoga bermanfaat.

Editor : Franky S

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut