get app
inews
Aa Read Next : PPPK Guru Purbalingga Siap Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Baru Disadarkan, Tak Ada Formasi Guru CPNS 2021, Cuitan Anak FKIP Ini Viral

Rabu, 19 Mei 2021 | 13:07 WIB
header img
Tangkapan layar akun @collegemenfess

PURWOKERTO, iNews.id - Tidak adanya formasi guru CPNS 2021 rupanya membuat galau para mahasiswa yang mengambil jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Melalui akun @collegemenfess, mahasiswa FKIP ini mengaku sedih karena pemerintah tidak lagi membuka pendaftaran CPNS 2021 untuk formasi guru. Namun, diarahkan untuk mendaftar lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kesedihannya bertambah ketika melihat status Whatsapp dari seorang temen yang merasa beruntung tidak mengambil FKIP. Pasalnya, ketika tidak bisa jadi PNS, gaji sebagai guru di sekolah swasta sangat memprihatinkan.

Bahkan disebut, profesi guru (bukan PNS) dianggap profesi rendahan melihat gaji yang lebih rendah dari pengemudi ojek online, dan orang-orang yang bekerja di pabrik dan toko modern.

"Aku udah sedih karena tau guru gk bakalan ada PNS lg, udh ada SW dr temenku yg bikin aku down. Emang aneh ya kl kuliah di FKIP," tulisnya, Rabu (19/5/2021).

Tidak berselang lama, cuitan yang di-post sekira pukul 5:59 ini langsung banjir tanggapan dari netizen. Bahkan menjadi trending topic dengan keywords FKIP dan Guru di twitter.

Terutama netizen yang sudah bergelar Sarjana Pendidikan (Spd).

"Gue kuliah tarbiyah/FKIP dan gamau jadi guru karena satu dan lain hal. Tapi gue juga nggak suka ada yang merendahkan profesi guru, kok bisa ada orang yg tidak memuliakan guru. Susah emang kalau ukuran hidupnya pake harta," tulis akun ekasyuss.

Nasib guru yang tercermin dalam cuitan ini juga direspon netizen umum lainnya. Banyak dukungan yang disampaikan, agar nasib guru bisa lebih baik.

"Temennya mamah saya seumur hidup jd guru ga diangkat jadi PNS trs, pdhl udah usaha. Aku harap si pemerintah lebih menghargai profesi guru lagi ya, sedih liatnya. KLw udah gini kan aku rasa anak FKIP gamau jd guru dan bisa2 nanti bakal kekurangan guru soalnya pd nggak tertarik," tulis akun Syaa Lagi Uas.

Seperti diketahui, Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah memberikan informasi lengkap soal formasi CPNS 2021 dan formasi CPPPK 2021

Pada tahun 2021 ini, pemerintah tidak membuka pendaftaran CPNS untuk guru. Melalui akun Intstagramnya di @kemenpanrb disebutkan, formasi CPNS 2021 terbanyak diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan teknis. Sementara untuk guru dibuka melalui formasi CPPPK 2021.

Editor : Masruri

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut