get app
inews
Aa Read Next : Hebat, 3 Mahasiswa Unsoed Raih Silver Medal di Mandalika Essay Competition

Hari Ini Pemilihan Rektor Unsoed, Begini Harapan Mahasiswa 

Kamis, 24 Maret 2022 | 08:05 WIB
header img
Tiga calon rektor yang ikut pemilihan hari ini

Pada bagian lain, mahasiswa juga menyoroti permasalahan pokok di Unsoed. “Permasalahan pokok Unsoed saat ini adalah kurangnya respon rektor dalam menyerap aspirasi mahasiswa (19,64%), mahalnya UKT dan Uang Pangkal (16,58%).Kemudian lambatnya penyerapan lulusan unsoed di dunia kerja (16,07%), pembangunan atau pemenuhan fasilitas yang tidak merata (14,03%), lambatnya pelayanan administrasi Unsoed (12,75 %), prestasi akademik Unsoed menurun (11,22%), dan maraknya kekerasan seksual di Unsoed (9,69%),”jelas Lauren. 

Terkait pemilihan rektor, sebagian besar mahasiswa tidak mengetahui adanya kegiatan pemilihan rektor (51,3%). Dalam hal ini perlu dilakukan penyebaran informasi atau sosialisasi secara massif agar seluruh civitas akademik Unsoed mengetahui proses kegiatan pemilihan rektor. 

Baik melalui platform digital maupun tatap muka secara langsung. Adapun bakal calon Rektor Unsoed yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi yaitu, Prof. Ir Totok Agung Dwi Haryanto MP., Ph.D (40,57 %). Diikuti oleh Prof. Dr. Ir. Akhmad Shodiq, M.Sc.Agr (31,7 %), Dr. Ir. Prihananto, M.Si (32,15 %), dan Prof. Dr. Ade Maman sebesar (24,75 %). 

Dalam survei ini, juga menanyakan terkait pilihan mahasiswa (jika diberikan hak pilih) hasilnya bakal calon rektor Unsoed dengan tingkat elektabilitas tertinggi yaitu, Prof. Ir Totok Agung Dwi Haryanto MP., Ph.D (38,01 %). Diikuti oleh Prof. Dr. Ir. Akhmad Shodiq, M.Sc.Agr (28,57 %,) Prof. Dr. Ade Maman (20,91%) dan Dr. Ir. Prihananto, M.Si (12,5 %). 

Ada beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh para mahasiswa. Yakni mengadakan forum aspirasi mahasiswa secara rutin sebagai wadah untuk mendengarkan keluh kesah terkait permasalahan yang ada. Pemerataan pembangunan fasilitas per fakultas di Universitas. Merealisasikan penyesuaian UKT dan penghapusan uang pangkal. Mempercepat proses pelayanan administrasi kepada mahasiswa. Mengoptimalkan peran unit layanan dan pengaduan kekerasan seksual di setiap fakultas maupun universitas.

“Selain itu, juga meningkatkan produktivitas riset (mahasiswa/dosen) di tingkat fakultas dan universitas. Mengoptimalkan pusat karir di Unsoed baik tingkat fakultas maupun universitas,”ujarnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut