get app
inews
Aa Text
Read Next : BHHC dan Tjilatjap History Membaca Arsip Kota Tua Cilacap, Jejak Kota Pelabuhan dan Perjuangan

Kilang Cilacap Dorong UMKM Binaan Melek Digital lewat Pelatihan Promosi

Jum'at, 09 Mei 2025 | 10:08 WIB
header img
KPI Refinery Unit (RU) IV Cilacap terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui Program TJSL. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

Kali ini, perusahaan memberikan pelatihan pembuatan video promosi digital kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Subur Lestari di Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk lokal agar mampu bersaing di pasar digital yang semakin kompetitif. 

Kilang Cilacap bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta untuk menghadirkan materi pelatihan, mulai dari penyusunan naskah, teknik pengambilan gambar, hingga proses editing video sesuai kebutuhan pemasaran.

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna, mengungkapkan bahwa KWT Subur Lestari merupakan mitra binaan yang sukses membudidayakan tanaman lidah buaya secara optimal. 

“Panen lidah buaya bisa mencapai 1 kilogram per batang ketika berusia 15 bulan. Agar produk mereka bisa dikenal lebih luas, penting bagi kami untuk memberikan edukasi terkait produksi video promosi,” ujarnya.

Cecep menambahkan, keberhasilan ini menjadi cerminan nyata kolaborasi positif antara perusahaan dan masyarakat. 

“Program TJSL yang kami jalankan tidak berhenti pada satu kegiatan, tetapi berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dalam jangka panjang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Program Pendidikan Manajemen Produksi Siaran Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta, Sony Wibisono, menyatakan pelatihan ini merupakan bentuk dukungan akademik terhadap peningkatan literasi digital bagi UMKM. 

“Kami senang bisa berperan dalam kegiatan ini. Keterampilan multimedia menjadi bekal penting agar masyarakat dapat memasarkan produk secara kreatif dan efektif,” jelas Sony.

Pelatihan ini turut mendapat apresiasi dari pemerintah setempat, yang ditunjukkan lewat kehadiran Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Cilacap Tengah, Dian Rachmawati Prasetyaningru, serta sejumlah perangkat pemerintah lainnya.

Selain memperkuat pemberdayaan masyarakat dan kolaborasi dengan kalangan akademik, inisiatif Kilang Cilacap ini juga selaras dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), antara lain pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut