get app
inews
Aa Read Next : Khawatir Tinja dan Air Seni Dicuri Musuh, Kim Jong un Selalu Bawa Toilet Pribadi

Antisipasi untuk Hadapi AS, Korut Luncurkan Rudal Balistik Terbesar

Jum'at, 25 Maret 2022 | 06:56 WIB
header img
Korea Utara (Korut) kembali melaksanakan uji coba rudal balistik.

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) kembali melaksanakan uji coba rudal balistik. Uji coba yang terakhir ini terbesar karena merupakan rudal balistik antarbenua (ICBM). Ini sebagai bagian show of force kekuatan nuklirnya.

Tujuannya apa? Pemimpin Korut Kim Jong Un mengatakan uji coba tersebut untuk menunjukkan kekuatan nuklir negaranya. Serta bertujuan untuk mencegah setiap aktivitas militer Amerika Serikat (AS). 

Peluncuran tersebut merupakan uji coba ICBM pertama Korut sejak 2017. Data mengungkap, rudal bernama Hwasong-17 itu terbang lebih tinggi dan lebih lama daripada uji coba sebelumnya, sebelum jatuh di laut sebelah barat Jepang. 

Foto-foto yang dirilis media pemerintah Korut KCNA menunjukkan rudal besar berwarna hitam dengan hidung putih meluncur di atas kolom api dari kendaraan. Hwasong-17 terbang sejauh 1.090 km dengan ketinggian maksimum 6.248,5 km dan tepat mengenai target di laut.  

Hwasong-17 adalag ICBM berbahan bakar cair terbesar yang pernah diluncurkan oleh negara mana pun dari platform bergerak yakni kendaraan. 

Menurut KCNA, Kim memerintahkan uji coba tersebut terkait meningkatnya ketegangan militer di dalam dan sekitar Semenanjung Korea serta konfrontasi lama dengan imperialis AS yang tak terhindarkan, serta bahaya perang nuklir. 

"Pasukan strategis DPRK (Korut) sepenuhnya siap untuk menekan dan menahan segala upaya militer berbahaya imperialis AS," kata Kim, yang juga menyaksikan langsung peluncuran tersebut, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (25/3/2022).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut