12 Ribu Penumpang Padati Stasiun Purwokerto, PT KAI Pastikan Layanan Tetap Nyaman

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Stasiun Purwokerto mengalami lonjakan penumpang selama libur panjang akhir pekan dan Waisak. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto mencatat, pada Minggu, (11/5) sebanyak 12.391 penumpang tercatat naik dan turun di stasiun tersebut. Jumlah itu terdiri dari 5.759 penumpang naik dan 6.633 penumpang turun—naik sekitar 10 persen dibandingkan akhir pekan sebelumnya.
Sementara itu, pada Senin pagi (12/5), jumlah penumpang yang tercatat sudah mencapai 8.501 orang, dengan 4.831 penumpang naik dan 3.670 turun. Angka ini masih berpotensi bertambah seiring aktivitas penumpang yang berlangsung hingga tengah malam.
Mengantisipasi lonjakan tersebut, PT KAI memastikan seluruh layanan di stasiun tetap berjalan optimal. Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menjelaskan bahwa sejumlah langkah strategis telah disiapkan untuk menjamin kenyamanan penumpang.
"Kami terus melakukan evaluasi dan peningkatan layanan, mulai dari kelancaran proses boarding, kesiapan fasilitas umum, hingga kebersihan dan kenyamanan area stasiun. Di Stasiun Purwokerto, kami pastikan seluruh fasilitas dalam kondisi prima untuk melayani penumpang," ujar Krisbiyantoro dalam keterangannya, Senin (12/5/2025).
Ia juga menyebutkan bahwa Stasiun Purwokerto kini dilengkapi beragam fasilitas modern, termasuk sistem boarding dengan teknologi pemindai wajah (face recognition), ruang tunggu ber-AC, stasiun pengisian daya ponsel, water station, serta area parkir yang luas dan tertata. Pilihan makanan dan minuman juga tersedia untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama berada di stasiun.
"Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, bukan hanya di atas kereta, tetapi sejak mereka tiba di stasiun. Dengan dukungan teknologi dan pelayanan yang prima, kami berharap seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan mereka dengan aman dan nyaman," pungkas Krisbiyantoro.
Editor : Arbi Anugrah