get app
inews
Aa
Read Next : Kemenag: 1 Ramadhan 1445 H Diperkirakan Selasa 12 Maret 2024

Ini Kata Wamenag Soal Beda Prediksi Awal Ramadhan 1443 H dengan Muhammadiyah

Jum'at, 25 Maret 2022 | 19:51 WIB
header img
Wamenag RI, Zainut Tauhid (foto: dok MNC Portal/Widya)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi mengungkapkan soal kemungkinan potensi beda penetapan awal puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah. Dimana terdapat potesi tidak sama antara Muhammadiyah dan Nahdlatul ulama (NU) serta pemerintah.

"Perbedaan itu menjadi hal yang harus diterima dengan lapang dada," kata Zainut saat ditemui MNC Portal usai penutupan Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadis (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional ke-14, Jumat (25/3/2022)

Menurutnya, perbedaan tersebut memang sering terjadi di Indonesia baik itu suku, ras, agama dan budaya. Sehingga ia yakin umat Islam di Indonesia memiliki rasa toleransi terhadap sesamanya terutama bagi mereka yang berbeda pandangan.

"Kita harus saling toleransi, karena perbedaan itu satu hal yang sudah terbiasa yang terjadi di Indonesia," tutur dia.

Seperti diketahui, Muhammadiyah telah memperkirakan awal bulan puasa ramadhan akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Hal itu diputuskan dalam Kalender Islam Global 1443 H yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sementara NU dan Pemerintah belum merilis tanggal awal puasa 2022. Namun untuk NU nantinya akan menentukan awal ibadah puasa melalui pelaksanaan rukyatul hilal di 35 titik, sedangkan Pemerintah di 101 titik di seluruh Indonesia.
 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut