get app
inews
Aa
Read Next : 17.706 Tiket Lebaran Tersedia di Daop 5 Purwokerto, Ini Daftar Kereta Api Periode 12-21 April 2024

Jadi Spot Foto Baru, Dinding Stasiun Purwokerto Dilukis Mural dengan Tema Ikon Banyumas

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:21 WIB
header img
Lukis Mural Purwokerto (Foto : Aryo Rizqi)

PURWOKERTO, iNews.id - Puluhan pelukis dari berbagai wilayah melukis dinding sisi selatan stasiun Purwokerto sepanjang 284 meter. Para pelukis tersebut mengikuti kegiatan festival seni mural yang diadakan Daop 5 Purwokerto dengan tema lukisan ikonik Banyumas.

Di tembok setinggi 1,5 meter tersebut, sekitar 32 pelukis dari Banyumas, Purbalingga, Brebes, Tegal dan Kebumen sangat antusias menuangkan ide tentang kereta api dan ikon Banyumas. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Senin-Selasa (28-29/3/2022) menjadi daya tarik baru bagi masyarakat untuk berswafoto dengan tema ikon Banyumas.


Lukis Mural Purwokerto (Foto : Aryo Rizqi)

"Konsep yang diangkat sama seperti yang lain, ikon Banyumas. Idenya masih seputar bangunan bangunan Banyumas, terus ikon nya saya buat karikatur biar menarik karena namanya mural jadi biar orang melihat, mendekat jadi tahu bangunan bangunan yang ikonik apa saja," kata Erlan dari komunitas pelukis Banyumas kepada iNews Purwokerto, Selasa (29/3/2022).

Dari lomba seni mural lukis dinding ini dapat menjadi media berkreasi para seniman memperindah sekaligus mempercantik area terbuka di sepanjang jalan stasiun Purwokerto. Sehingga nantinya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa layanan transportasi KA.

"Harapannya melihat semua juga (lukisan mural), jadi orang yang baru turun dari kereta bisa tahu tempat tempat yang menarik dimana saja. Seperti ini, becak khas Banyumas, karena dibeda kota juga beda becaknya," jelasnya.

Salah satu peserta lukis mural lain, Triani Trinil (31) mengatakan senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba mural. Dia mengangkat tema gada rujak polo dan gambar kerata api di daop V Purwokerto. 

"Jadi kalau melintas di jalan Stasiun saya senang ada gambar saya. Saya sudah senang lukis mural sejak 2009. Motivasi ingin mengembangkan semangat seni anak muda, dan seni mural," terangnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut