get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Banyumas Turun Level 3, 54 Sekolah Tingkat SD dan SMP PTM Besok

Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:30 WIB
header img
Para siswa tengah mengikuti ujicoba pembelajaran tatap muka, di SMP 9 Purwokerto beberapa waktu lalu. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id - Dengan turunnya status Kabupaten Banyumas dari PPKM Level 4 menjadi Level 3, sejumlah kelonggaran mulai diterapkan. Salah satunya yakni uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan mulai di gelar besok, Rabu (1/9).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati mengatakan jika mulai besok akan ada 27 sekolah yang akan mulai melakukan uji coba PTM. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang sudah terlebih dulu melakukan uji coba pada beberapa waktu lalu.

"Besok mulai buka melanjutkan sekolah yang pernah uji coba," kata Irawati kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Bahkan dia mengungkapkan jika pada Kamis (2/9) lusa, pihaknya juga akan menambah jumlah sekolah yang melaksanakan PTM menjadi 54 sekolah. Dimana nantinya dalam setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas akan dibuka satu SD dan satu SMP.

"Kamis kita tambah 54 sekolah, dimana setiap Kecamatan kita buka 1 SD dan 1 SMP," ucapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kekebalan siswa dari Covid-19, pihaknya tengah berupaya untuk melakukan vaksinasi kepada para siswa yang melaksanakan PTM. Pihaknya bahkan telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap anak anak sekolah.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinkes, tapi pelaksanaan (vaksin) tergantung jumlah vaksinnya ada atau tidaknya. Berdasarkan koordinasi dengan Dinkes ada 2 sekolah akan di vaksin dulu dan bertahap," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto saat dikonfirmasi terpisah oleh wartawan mengatakan jika vaksinasi untuk siswa rencananya akan digelar dalam waktu dekat. Adapun vaksin yang dapat digunakan untuk anak-anak yaitu Sinovac atau Pfizer. 

"Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait, rekomendasinya Sinovac dan Pfizer. Kami belum pernah menerima (kiriman) Pfizer, kalau Sinovac ada 11.300 dosis," ujarnya.

Vaksinasi tersebut, diperuntukkan bagi siswa berusia 12-18 tahun. Dia berharap, saat PTM paling tidak 50 persen siswa sudah divaksin.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dengan turunnya Banyumas ke PPKM Level 3, maka ada beberapa kelonggaran. Di antaranya adalah PTM. 

"Pembelajaran tatap muka sudah boleh dilaksanakan. Siswa yang masuk hanya 50% dari kapasitas ruang kelas. Besoknya libur, giliran siswa lainnya. Jadi setengah PTM, setengah di rumah sesuai dengan jadwal,”kata Bupati pada Selasa (31/8).

Menurut Bupati, PTM tersebut berlaku untuk SD dan SMP. Namun, bagi PAUD hanya boleh 33% dari kapasitas. Tempat duduknya juga diatur. Jarak yang diperbolehkan adalah 1,5 meter.

Meski telah diperbolehkan membuka PTM, tetapi Bupati meminta sabar menunggu Instruksi Bupati sebagai dasar pengaturan teknisnya. 

“Jangan langsung membuka PTM, semua harus dipersiapkan dulu. Dinas Pendidikan akan cek ke lapangan. Setelah mendapat izin, baru diperbolehkan menyelenggarakan PTM,”kata Bupati.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut