get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Momen saat Pramuka di Banjarnegara Dilantik, Cuci Kaki hingga Peluk Ibu

Sabtu, 02 April 2022 | 13:57 WIB
header img
Momen saat Pramuka di Banjarnegara dilantik, cuci kaki hingga peluk Ibu. Foto: ist)

BANJARNEGARA, iNews.id - Sebanyak 13 Pramuka Penggalang SMP Negeri 2 Punggelan, Kabupaten Banjarnegara resmi dilantik menjadi Pramuka Garuda. Prosesi uji dan pelantikan tersebut terlihat momen mengharukan ketika mereka mencuci kaki dan memeluk ibu mereka.

Selain mengharukan, momen tersebut merupakan saat yang membanggakan bagi para Pramuka Penggalang yang naik tingkatan serta dihadiri orangtua. Kegiatan itu sendiri juga dihadiri unsur Andalan Cabang, Andalan Ranting Pembina Gugusdepan dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Joko Sulistiyono, Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan, dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur sebab untuk pertama kalinya Pramuka Penggalang di SMP Negeri 2 Punggelan mencapai tingkatan Garuda.

"Ini adalah momen bersejarah bagi sekolah yang patut diapresiasi, karena untuk pertama kalinya kami memiliki Prarmuka Garuda. Mudah-mudahan ini dapat dijaga dan diteruskan ke angkatan-angkatan berikutnya. Anak-anakku semua, jadilah contoh, jadilah teladan untuk teman-temanmu sekalian," ujar dia dalam rilis yang diterima iNews Purwokerto, Sabtu (2/4/2022).

Miskam, Andalan Kwartir Cabang Banjarnegara mengatakan, pencapaian Pramuka Garuda tersebut menjadi tolak ukur baru proses pembinaan Pramuka di tingkat Gugusdepan.

"Kami betul-betul mengamati, Pramuka Garuda ini sekarang jadi suatu tolak ukur atau sebutlah capaian baru bagi Gugusdepan untuk membina peserta didik. Kuncinya itu sebenarnya ada di pembina Gudep, sehingga barangkali bisa kami katakan kalau pembinanya aktif dan semangat tidak menutup kemungkinan semua Gudep itu bisa melantik Pramuka Garuda," terangnya.

Sementara itu Arif Sugiyanto peserta pelantikan Pramuka Garuda mengaku senang dan merasa berkesan dapat menyelesaikan seluruh persyaratan dan uji Pramuka Garuda kendati selama pandemi kegiatan ekstra Pramuka tidak berjalan seperti biasa.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut