get app
inews
Aa Read Next : Wakil Bupati Banyumas Dorong Percepatan Pemulihan Sungai Serayu

Bupati Banyumas: Ganti Rugi Kepada Masyarakat Akibat Air Sungai Serayu Berlumpur Harus Diutamakan

Jum'at, 08 April 2022 | 10:45 WIB
header img
Kondisi Sungai Serayu yang berlumpur saat dilakukan flushing

PURWOKERTO, iNews.id – Bupati Banyumas Achmad Husein menegaskan bahwa masyarakat harus diutamakan untuk mendapatkan ganti rugi. Jumlah ganti rugi nantinya bakal dihitung oleh ahli perikanan. 

“Karena ini force major, kita memaklumi. Namun, Indonesia Power juga salah, karena tidak ada koordinasi dengan kita. Jika ada koordinasi, maka kita dapat prepare terlebih dahulu. Apa yang harus kita lakukan, masyarakat siap, PDAM siap. Tentu juga tidak akamn sekeruh itu,”kata Bupati usai pertemuan dengan pihak PT Indonesia Power Mrica di Ruang Joko Kahiman, Purwokerto pada Jumat (8/4/2022).

Dia mengatakan bahwa PLTA Mrica telah berkomitmen untuk memberikan ganti rugi. Pertama ganti rugi terhadap ikan yang ada di Sungai Serayu. “Kemudian PDAM, namun untuk PDAM tidak usah, lebih baik dialihkan untuk masyarakat seperti untuk menanam pohon. Dan ketiga adalah ke depan SOP harus ditambah dengan pemberitahuan kepada Baai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak serta kabupaten di hilir seperti Purbalingga, Banyumas dan Cilacap,”ujar Bupati.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut