get app
inews
Aa Read Next : Buka Puasa Rendah Kalori dengan Resep Takjil Choco Mousse, Cocok Untuk Diet

Sederet Takjil Khas Turki Jadi Variasi Buka Puasa saat Ramadan

Sabtu, 09 April 2022 | 14:09 WIB
header img
Turkish Delight (stamboulbazaar.com)

BUKAN hanya di Indonesia, yang menyajikan waktu buka puasa dengan menu takjil yang segar, nikmat dan lezat. Tapi di Turki yang merupakan salah satu negara mayoritas berpenduduk Muslim juga menyajikan takjil sebagai menu saat berbuka puasa.

Negara beribu kota Ankara ini memiliki makanan khas yang dipengaruhi oleh berbagai hidangan di belahan dunia lain, seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Eropa.

Berikut ini adalah beberapa takjil khas Turki yang bisa menjadi variasi menu berbuka puasa di rumah.

Gullac

Gullac adalah penganan manis berbentuk susunan mirip puding yang terbuat dari campuran susu, delima, dan kacang-kacangan. Biasanya Gullac dihidangkan dingin dan diberi pelengkap berupa buah-buahan di atasnya. Uniknya, kue ini hanya dibuat di bulan Ramadan saja.

Lokum

Lokum merupakan permen yang juga dikenal sebagai Turkish Delight dan pernah muncul di film Narnia: The Lion, and the Wardrobe. Nama lokum diambil dari bahasa Arab “al-halkum” atau “rat al-uqlm” yang artinya penyejuk tenggorokan.

Lokum dibuat dari gula dan gel pati sehingga teksurnya kenyal seperti jeli dengan rasa manis dan campuran air mawar, jeruk, atau mint.

Baklava

Baklava adalah manisan yang dibuat dari lapisan filo pastry. Bagian dalamnya diisi dengan kacang pistachio atau kacang lain seperti almond dan hazelnut. Setelah itu disiram dengan sirup lemon atau mawar. Sangat cocok jadi sajian buka puasa.

Kunefe

Kunefe terbuat dari kadayif, adonan kue yang dipanggang kering sebagian. Dengan isian rendaman keju dan sirup manis, kunefe akan menghasilkan bentuk meleleh saat dipotong yang tentunya mengunggah selera. Kunefe memiliki cita rasa yang manis dan legit.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut