get app
inews
Aa Read Next : Resep Minuman Terlaris di Bulan Puasa, Dapat Dibuat Sendiri di Rumah

Berapa Sih Kebutuhan Kalori untuk Ibu Hamil Ketika Berpuasa, Cek Yuk!

Kamis, 14 April 2022 | 03:35 WIB
header img
Ilustrasi Ibu Hamil Berpuasa. (Foto: Ist)

MENJAGA nutrisi dan gizi bagi calon bayi sangat penting diketahui ibu hamil. Terutama ibu hamil yang baru memiliki anak pertama kali, memang harus melatih puasa secara bertahap terutama bila punya keluhan soal lambung dan pencernaan.

Melatih puasa pun sangat penting, agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi. Maka dari itu, penting juga untuk mencukupi jumlah cairan tubuh dengan mengkonsumsi sebanyak tujuh hingga 8 gelas per hari.

Spesialis kebidanan dan kandungan dr. Charnaen M. Ibrahim, Sp.OG dari Universitas Sriwijaya menjelaskan, ibu hamil yang berpuasa dianjurkan menyantap makanan dengan jumlah kalori minimal 1.400 kkal per hari.

"Anjuran asupan kalori ketika berpuasa saat hamil adalah 1.400 sampai 1.600 kkal sehari dari saat sahur dan berbuka," kata Charnaen seperti dilansir dari Antara.

Minumlah dua gelas sebelum sahur, 1-2 gelas setelah sahur, dua gelas setelah berbuka puasa, 1-2 gelas setelah makan malam serta dua gelas setelah shalat isya atau tarawih.


Ilustrasi Ibu Hamil (Foto : Istimewa/iNews.id)

Menurut Charnaen yang praktik di RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, berpuasa aman dilakukan saat kehamilan karena ibadah Ramadan ini hanya mengubah waktu makan, bukan proporsi makanan. Berpuasa memberikan jarak bagi tubuh untuk mengolah makanan, membuat tubuh bisa beristirahat, juga membantu memperbaiki metabolisme.

Namun, patut diingat ketahanan tubuh serta kekuatan organ-organ tubuh masing-masing ibu hamil berbeda. Oleh karena itu, dia mengingatkan ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mempertimbangkan untuk puasa. "Apabila ada keluhan seperti pusing, lemas, keringat dingin, sebaiknya tidak melanjutkan puasanya," kata Charnaen.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut