get app
inews
Aa Read Next : Kisah Adik Antar Kakak Demi Daftar Seleksi Casis Polri, Rela Berjalan 5 Kilometer Tanpa Alas Kaki

Viral, Saluran Irigasi di Klaten Mendadak Memerah, Ada Apa?

Jum'at, 17 September 2021 | 08:31 WIB
header img
Air saluran irigasi di di antara Desa Bulan dan Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari Klaten berubah jadi warna merah. (foto tangkapan layar)

KLATEN, iNews.id - Sebuah sungai yang merupakan saluran irigasi  mendadak berwarna merah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membuat heboh media sosial.

Belum diketahui penyebab pasti berubahnya air berwarna merah tersebut. Dalam rekaman video amatir memperlihatkan saat saluran irigasi atau sungai kecil yang mengairi sawah di antara Desa Bulan dan Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari Klaten, berubah warna merah

Air berwarna merah yang berlangsung selama  2 jam tersebut terjadi Kamis (16/9/2021), sekitar pukul 14.00  WIB dan sempat menggegerkan dunia maya. Belum diketahui pasti penyebab berubahnya air irigasi yang melintas di dua  desa tersebut. Namun setelah dua jam berlangsung aliran sungai tersebut kembali normal.

Warga Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter di Kabupaten Bangka “Saya tidak tahu secara pasti berubahnya warna sungai. Saya dan teman-teman saat bermain di pinggir sungai dan hendak buang air kecil kaget saat air sungai sudah berwarna merah,”Arif Budi.

Akibat berubahnya air sungai yang secara mendadak tersebut membuat penasaran para warga. Mengingat lokasi sekitar desa tersebut tidak ada pabrik. Akibat berubahnya warna air tersebut bisa  berdampak pada  kondisi pertanian di desa setempat, karena sungai tersebut merupakan saluran irigasi pertanian.

“Dari hasil penelusuran dimungkinkan adanya sebuah kendaraan yang membuang limbah atau mencuci sesuatu di aliran atas sungai tersebut,” kata Kepala Desa Ngreden, Sunarto

“Karena kebetulan saat peristiwa  debit air tidak terlalu banyak sehingga mudah berubah saat ada  limbah warna lain,” katanya.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut