get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Penting Diketahui, Ini Titik Potensi Kemacetan di Banyumas saat Arus Mudik 2022

Rabu, 27 April 2022 | 05:30 WIB
header img
Pemudik yang akan melintasi Kabupaten Banyumas harus mengetahui titik-titik yang berpotensi terjadi saat arus mudik lebaran 2022. (Foto: Arbi Anugrah/iNews.id)

PURWOKERTO, iNews.id - Pemudik yang akan melintasi Kabupaten Banyumas harus mengetahui titik-titik yang berpotensi terjadi saat arus mudik lebaran 2022. Banyumas sendiri merupakan jalur pertemuan kendaraan dari Jalur Utara, Jalur Tengah dan Jalur Selatan Jawa Tengah.

Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Ari Prayitno mengatakan jika ada beberapa titik yang berpotensi terjadi kemacetan parah saat lonjakan arus kendaraan yang memasuki Banyumas. Bahkan, pihaknya telah menampatkan delapan pos pengaman, tiga pos pelayanan dan satu pos terpadu untuk memantau lonjakan pemudik.

"Untuk titik kemacetan yang menjadi perhatian kita ada di Ajibarang dan Sumpiuh," kata Ari kepada iNewsPurwokerto.id, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, Ajibarang merupakan titik awal masuknya kendaraan dari arah Jakarta dan Pantura menuju Banyumas dan Yogyakarta. Kemudian, di Sumpiuh berpotensi kemacetan karena adanya persimpangan jalan lingkar.

"Titik potensi kemacetan Ajibarang dan Sumpiuh. Ajibarang akibat traffic light dipersimpangan. Kemudian untuk di Sumpiuh kita mengalirkannya lewat lingkar, jadi berpotensi kemacetan di dua titik itu, Ajibarang dengan Sumpiuh," ujarnya.

Untuk mengantisi kemacetan di wilayahnya, pihaknya juga telah menerjunkan tim urai untuk memecah kemacetan yang terdiri dari tiga tim yang bertanggung jawab di Jalur Tengah, Jalur Utara dan Jalur Selatan.

"Untuk antisipasi (kemacetan), kita menggelar Pos Pam, membentuk tim urai, kemudian sudah berkoordnasi dengan dinas terkait khususnya jalan," urainya.

Kabupaten Banyumas sendiri merupakan wilayah pertemuan kendaraan yang datang dari arah Bandung-Penjagan menuju Yogyakarta. Simpang pertemuan dua arus kendaraan dari Jalur Utara dan Tengah serta Jalur Selatan berada di Wangon.

Berdasarkan pengalaman arus mudik beberapa tahun sebelumnya, selain dua titik yang menjadi perhatian pihak Kepolisian, terdapat beberapa titik potensi kemacetan lainnya, diantaranya di simpang tiga Rawalo dimana pertemuan kendaraan dari arah Bandung dan Pejagan menuju Yogyakarta. Selain itu persimpangan ini juga jalur menuju Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Semarang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut