get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

5 Rekomendasi Oleh-oleh Makanan Khas Purwokerto saat Mudik Lebaran 2022

Selasa, 03 Mei 2022 | 12:23 WIB
header img
Proses pembuatan Nopia, makanan khas Banyumas. (Foto : Aryo Rizqi).

PURWOKERTO, iNews.id - Mudik atau pulang kampung merupakan sebuah momen untuk bersilaturahmi dan temu kangen dengan keluarga maupun sanak saudara. Selain itu, momen mudik juga tak lepas dengan membeli oleh-oleh khas dari sebuah wilayah. 

Di Purwokerto sendiri, terdapat berbagai macam buah tangan yang dapat dibawa pulang oleh pemudik sebagai oleh-oleh. Berikut ini, iNews Purwokerto telah merangkum sejumlah rekomendasi oleh-oleh khas Purwokerto.

1. Mendoan


Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

​​​​Mendoan merupakan makanan khas yang dibuat dari olahan tempe. Berasal dari kata "mendo" yang berarti setengah matang, Mendoan secara harfiah diartikan sebagai mendo-mendo dipangan (digoreng setengah matang lalu dimakan).

Makanan khas dari daerah Banyumas dan sekitarnya ini dapat dijumpai di sejumlah tempat di Purwokerto, salah satunya berada di kompleks oleh-oleh Sawangan, tepatnya berada di Jalan Jenderal Sutoyo, Kedungwuluh, Purwokerto Barat, Banyumas. 

Dengan harga mulai dari Rp 40.000, para pelancong sudah bisa membawa buah tangan khas Banyumas ini untuk para kerabat.

2. Gethuk Goreng Sokaraja

Selain mendoan, Gethuk Goreng juga menjadi salah satu makanan khas yang banyak dijumpai di setiap sudut di wilayah Banyumas. Terbuat dari olahan singkong yang digoreng sedemikian rupa hingga berwarna kecoklatan, Gethuk Goreng cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

Tidak perlu khawatir, cukup melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Sokaraja, Banyumas, para pendatang dapat menemukan berbagai kios-kios penjual gethuk goreng, salah satunya yang terkenal adalah Gethuk Goreng Haji Tohirin. Di sana, cukup merogoh kocek mulai dari sekitar Rp 15.000,- Anda dapat membawa satu besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu) berisi gethuk goreng.

3. Nopia 


Proses pembuatan Nopia, makanan khas Banyumas. (Foto : Aryo Rizqi).

Selanjutnya, ada makanan yang dibuat dari bahan dasar terigu dan gula merah. Sering disebut sebagai ndog bulus atau telur kura-kura, nopia juga menjadi salah satu makanan khas yang cocok sebagai buah tangan dari Banyumas. 

Untuk mendapatkan Nopia sendiri cukup mudah. Makanan ini dapat ditemukan hampir di setiap kios oleh-oleh khas Banyumas. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 para pengunjung dapat membawa 1 kilogram nopia.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut